WartaSolo.com – Dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 ini, pemerintah telah mewajibkan bagi setiap instansi maupun lembaga untuk menyelenggarakan tes dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Akan ada beberapa tes yang akan diujikan dalam tes seleksi CPNS ini.

Seperti yang diungkapkan Wakil Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Bima Haria Wibisana. ” seluruh peserta CPNS wajib mengikuti dua tes, yakni Tes Kompetisi Dasar (TKD) dan Tes Kompetisi Bidang” ungkapnya.


“TKD terdiri atas Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP),” ucap dia saat Launching Simulasi CAT Seleksi CPNS di Jakarta, Rabu (20/8/2014).

INGAT! pantau juga update info penerimaan CPNS 2017 karena akan dibuka pendaftaran online penerimaan cpns diantaranya adalah penerimaan cpns kemenkumham 2017, dan juga pendaftaran cpns MA 2017 online. Silakan cek dokumen berikut berupa download pengumuman resmi file PDF persyaratan CPNS 2017 kemenkumham dan MA

Tes TWK ini sangat penting bagi seorang PNS. Karena sebagai seorang abdi negara yang merupakan bagian dari aparatur sipil negara sangat penting mengetahui dan memahami pondasi bernegara, seperti Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) 1945, tata negara dan sejarah nasional Indonesia.

“Pelaksanaan TKD akan berlangsung selama 95 menit dengan total jumlah soal 100 soal. Antara lain TWK sebanyak 35 soal, TIU sebanyak 30 soal dan TKP 35 soal” Ucap Bima.

“Masing-masing komposisi tes, ada nilai minimum. Misalnya TWK nilai minimum yang ditentukan 105, TIU dengan nilai 75 dan TKP dengan nilai 70. Jadi total nilai minimum supaya lolos 250. Kalau salah satunya kurang, ya nggak bisa lolos,” imbuhnya.

Pengetahuan tentang kebangsaan snagt penting dipelajari bagi setiap pelamar. hal ini dilakukan untuk mengasah pengetahuan pelamar terhadap sejarah bangsa Indonesia. Tes Kompetensi Dasar akan dilakukan dengan passing grade. Sehingga yang lolos dalam passing grade TKD maka kemungkinan besar dapat lolos untuk mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB).