WartaSolo.com – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 dapat dilakukan mulai tanggal 20 Agustus 2014 hingga 3 September 2014. Pendaftaran secara online dilakukan melalui situs resmi panselnas.menpan.go.id. Panselnas juga menghimbau peserta untuk melakukan pendaftaran ulang setelah registrasi online rampung.

Para pelamar CPNS online harus mendaftar ulang ke instansi yang dilamar. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya manipulasi data saat registrasi pendaftaran CPNS online. setiap pelamar online diwajibkan mendaftar ulang usai registrasi online dengan meneyertakan salinan ijazah, pasfoto, dan nomor registrasi pendaftaran online.


Peserta yang sudah melakukan daftar ulang selanjutnya akan mendapatkan kartu ujian dari instansi terkait setelah resmi tercatat sebagai peserta tes CPNS. Setelah itu, Panselnas akan akan mengumumkan di mana peserta tersebut ujian, hari apa, tanggal dan jam berapa. Keseluruhan akan diumumkan secara terpadu melalu situs sscn.bkn.go.id dan panselnas.menpan.go.id.

Berikut alur pendaftarann CPNS Tahun 2014

Pendaftaran membuka situs resmi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di alamat http://panselnas.menpan.go.id. Lakukan pendaftaran dengan mengisi kolom NIK, Nama, Email, dan Pilihan Instansi yang Dilamar. Ini baru bisa dilakukan setelah pendaftaran dibuka yaitu 20 Agustus 2014.
Setelah selesai melakukan pendaftaran, pelamar akan mendapatkan Username, Password dan Link (tautan) Pendaftaran Online Instansi yang Dilamar.
Buka Link (tautan) Pendaftaran yang sudah diterima. Pelamar akan melihat tampilan pendaftaran CPNS di instansi yang dituju.
Lakukan Login dengan memasukkan username dan password yang sudah diterima sebelumnya. Lengkapi pendaftaran, dan lengkapi dokumen. Kelengkapan dokumen seperti ijazah dan lainnya disampaikan dalam bentuk data dengan format pdf dan di-upload pada kolom dokumen yang sesuai.
Setelah selesai melakukan pengisian dokumen, pelamar akan memperoleh kartu registrasi. Cetak kartu registrasi sebagai bukti telah mendaftar.
Tunggu hasil verifikasi berkas pendaftaran oleh tim verifikator. Hasil verifikasi akan diumumkan dalam situs http://ssc.bkn.go.id atau situs resmi masing-masing lembaga.
Lakukan Login untuk mengetahui hasil verifikasi. Bila lulus verifikasi administrasi, pelamar akan mendapat kartu peserta tes. Cetak Kartu Peserta Test sebagai bukti pelamar telah lulus saringan administrasi dan dapat mengikuti test seleksi CPNS.
Bawa Kartu Peserta Test yang sudah di cetak saat mengikuti tes CAT di tempat yang ditunjuk oleh instansi yang dituju pelamar.

Jika sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan, pelaksanaan tes kompetensi dasar (TKD) akan menggunakan sistem CAT yang diadakan pada tanggal 8 September 2014. Dan setelah itu akan dilanjutkan dengan tes kompetensi bidang (TKB) bagi yang lulus passing grade TKD.