WartaSolo.com – Tahun 2014 ini pemerintah membuka secara besar – besar lowongan Calon CPNS.  Berbagi instansi dan lembaga telah siap membuka pendaftaran CPNS. Tahun ini pendaftaran dilakukan secara single entry melalui situs resmi Kemnepan yakni panselnas.menpan.go.id. Sudah dapat dipastikan akan banyak pelamar yang akan mengunjungi situs ini. Namun KemenPAN-RB dapat memastikan bahwa server web Siap Diakses Jutaan Pelamar.

Menjelang pembukaan pendaftaran tes CPNS 2014 yang akan dimulai pada 20 Agustus mendatang, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sudah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya yang penting adalah persiapan server yang dapat dipastikan akan diakses jutaan calon pelamar nantinya.


Pelamar tes CPNS tahun ini diperkirakan akan meningkat jika dibandingkan dengan tahun – tahun sebelumnya. Jumlah pelamar tes CPNS 2013 lalu sebanyak 1,6 juta orang, sehingga kemungkinan di tahun ini akan tembus dari 2 juta pelamar. Kemenpan pun sudah siap dengan segala kemungkinan itu.

JANGAN LUPA, pantau juga update info penerimaan CPNS 2017 karena akan dibuka pendaftaran online penerimaan cpns diantaranya adalah penerimaan cpns kemenkumham 2017, dan juga pendaftaran cpns MA 2017 online.


Klaim peningkatan jumlah pendaftar ini disebabkan beberapa alasan. Pertama, pendaftaran dilakukan secara online sehingga mempermudah akses masyarakat. Bandingkan dengan pendaftaran secara manual atau konvensional yang harus antri bahkan berdesak-desakan. Selain itu beberapa syarat yang dihilangkan pun semakin mempermudah masyarakat yang berminat mendaftar.

“Segala antisipasi terkait pendaftaran CPNS yang dilaksanakan secara online sudah kita lakukan,” ujarnya. Setiawan mengatakan, diantaranya adalah kerjasama dengan jajaran Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Setiawan menuturkan potensi gangguan harus bisa ditekan sekecil mungkin, sehingga program pendaftaran tes CPNS secara online ini tetap dijalankan.

Pengumuman lowongan CPNS dibuka pada 18-29 Agustus. Kemudian masa pendaftaran tes CPNS dibuka secara online mulai 20 Agustus hingga 3 September. Dan tes CPNS yang akan dilaksanakan dengan menggunakan sistem CAT (computer assisted test) mulai 8 September 2014 hingga selesai.

Bagi anda yang berminat mengikuti seleksi penerimaan CPNS persiapkan diri anda dari sekarang. Karena mulai dari pendaftaran, pelaksanaan tes, dan pengumuman akan dilakukan secra online. Maka diharapkan pelamar dapat melek internet untuk emmudahkan proses seleksi CPNS.