WartaSolo.com – Pendaftaran seleksi penerimaan CPNS Tahun 2014 mulai dibuka hari ini, tanggal 20 Agustus hingga 3 September 2014 nanti. Tahin ini pendaftaran akan dilakukan secara online dengan sistem single entry. Pendaftaran dapat dilakukan dengna mengunjungi situs portal nasional http://panselnas.menpan.go.id atau http://sscn.bkn.go.id.

Pendaftaran CPNS dilaksanakan secara serentak dan terintegrasi melalui sistem pendaftaran online. Sistem pendaftaran CPNS online diperuntukkan bagi pelamar CPNS yang akan mengisi formasi umum di instansi pusat maupun daerah.


Kementerian PAN-RB telah mengumumkan 68 kementerian dan lembaga yang membuka formasi. Yang terdiri dari formasi kementerian dan lembaga dan formasi di instansi pemerintah provinsi/kabupaten/kota. Dan untuk formasi Daerah terdiri atas 28 pemerintah provinsi dan 455 pemerintah kabupaten/kota.

INGAT! pantau juga update info penerimaan CPNS 2017 karena akan dibuka pendaftaran online penerimaan cpns diantaranya adalah penerimaan cpns kemenkumham 2017, dan juga pendaftaran cpns MA 2017 online. Silakan cek dokumen berikut berupa download pengumuman resmi file PDF persyaratan CPNS 2017 kemenkumham dan Mahkamah Agung.

A. Formasi Pusat terdiri atas 68 kementerian/lembaga (total 24.928 formasi):

1. Tiga kementerian koordinator: 87 formasi
2. 27 Kementerian: 18.253 formasi
3. 28 Lembaga Pemerintah Non-Kementerian: 4.783 formasi
4. Lembaga & Sekretariat Lembaga Negara: 1.805 formasi

B. Formasi Daerah (total 38.824 formasi)


1. 10 Provinsi di Pulau Sumatera dan sekitarnya: 11.347 formasi
2. Sembilan Provinsi di Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara: 8.376 formasi
3. Lima Provinsi di Pulau Kalimantan: 6.644 formasi
4. Enam provinsi di Pulau Sulawesi: 4.920 formasi

5. Empat provinsi di Kep. Maluku dan Papua: 7.537 formasi

Pendaftaran CPNS tahun ini dilakukan secara sistem online dengan melalui website panselnas.menpan.go.id untuk semua lulusan baik SMA, D3, S1.

Terdapat sejumlah syarat yang perlu diperhatikan. Diantaranya, seleksi hanya dapat diikuti melalui tahap pendaftaran di portal itu di mana pendaftar wajib memiliki alamat surat elektronik yang berlaku.

Umumnya pendaftaran online memuat persyaratan berikut:

1. Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
2. Tahun dan nomor ijasah pendidikan terakhir.
3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir.
4. Berkas pasfoto digital warna berukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG dan maksimal berukuran sebesar 30 KB.
5. Berkas fotokopi digital ijasah dan transkrip dalam format PDF dan maksimal berukuran 500 KB.
6. Surat elektronik (email) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.
7. Judul dan abstrak tugas akhir/tesis/disertasi
8. Untuk pelamar lulusan dari luar-negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Dikti – Depdiknas, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijazah.

Berkas yang sudah diunggah akan dicek pada verifikasi fisik sebelum ujian dilaksanakan. Ketidaksesuaian data dapat mengakibatkan peserta digugurkan dan tidak diperkenankan mengikuti ujian. Maka dari itu, pastikan data yang anda masukkan sesuai dan benar.

Pelaksanaan tes kemungkinan akan dilaksanakan pada 8 September mendatang. Persiapkan diri anda sebaik mungkin untuk mengikuti tes CPNS. Tahun ini tes CPNS akan dilakukan dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) sehingga pelaksanaan tes akan elbih terbuka dan transparan.