WartaSolo.com – Meski kebutuhan kekuranan pegawai di Pemprov DKI mencapai 3.000 sampai 5.000 namun apa daya jika ternyata lowongan CPNS 2014 untuk pemprov DKI Jakarta hanya kebagian sebanyak 133 formasi lowongan.

Informasi tersebut berdasarkan keterangan dari Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI I Made Karmayoga. “Formasi yang telah disetujui dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tahun 2014 sebanyak 133 CPNS,” ujar I Made Karmayoga, di Balaikota, Jumat (15/82014).



Selain itu I Made Karmayoga juga menyebutkan bahwa formasi CPNS yang disetujui pemerintah pusat untuk Pemprov DKI tahun ini masih sangat kurang dari kebutuhan pegawai di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Sebelumnya, untuk memenuhi kebutuhan pegawai, menurut I Made Karmayoga, Pemprov DKI telah mengajukan penambahan ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebanyak 1.000 formasi. Namun apa daya jika ternyata DKI Jakarta hanya mendapatkan jatah 133 formasi saja.

“Kalau hanya yang tersedia formasi 133 PNS , ini jauh dari jumlah pegawai yang dibutuhkan saat ini. Pastinya, kesibukan, capek serta biaya yang dikeluarkan sama saja. Apalagi, kami tidak bisa membendung orang yang akan mendaftar dan mengikuti proses rekrutmen ini,” tuturnya. Beliau juga berharap pemerintah pusat dapat mengabulkan permohonan penambahan pegawai, meskipun akan ada syarat yang diwajibkan kepada Pemprov DKI.

Hal tersebut disebabkan kebutuhan guru dan pegawai di sejumlah dinas vital saat ini masih sangat kurang. “Kami masih menunggu jawaban. Nanti ada opsi, apakah formasi 133 CPNS dikerjakan sekarang atau digabung formasi tahun depan sekaligus karena azas efisien dan efektivitas. Semoga saja disetujui, sebab gapnya itu terlalu besar, terutama guru-guru SD banyak yang kurang,” tandasnya.

Pendaftaran CPNS 2014 sendiri kita ketahui akan dilaksanakan dengan sistem satu atap, semua calon pendaftar CPNS cukup mengunjungi situs panselnya yang beralamat di www.panselnas.menpan.go.id dimana menurut rencana situs tersebut akan dibuka pada tanggal 20 Agustus 2014.