WartaSolo.com – Fenomena Supermoon dan hujan meteor sepertinya bagus untuk kita abadikan. Tanggal 13 Agustus nanti, langit bakal dihiasi hujan meteor perseid beserta supermoon (fenomena bulan raksasa).

Melansir International Business Times, Badan Antariksa Amerika (NASA) mengatakan pertunjukan kosmik ini akan terjadi antara tanggal 10 dan 13 Agustus 2014, dimana langit pada malam tersebut akan menjadi yang paling indah.



Terlihat atau tidaknya hujan meteor Perseid kali ini tergantung dari seberapa dekat jarak antara Bulan dan Bumi. Dalam 4 hingga 6 kali fenomena supermoon yang terjadi dalam satu tahun, Bulan rata-rata akan lebih dekat dengan Bumi hingga 48 ribu kilometer.

Dikutip dari VIVAnews, Fenomena supermoon terjadi dimana ketika Bulan purnama lebih dekat dengan Bumi dalam orbitnya sehingga menghasilkan tampilan yang lebih cerah dan lebih besar dari biasanya. Peristiwa itu akan tampak di langit malam tanggal 10 Agustus.

Sedangkan untuk hujan meteor merupakan peristiwa tahunan atau yang dikenal dengan Perseid. Fenomena ini akan mengalami puncaknya di bulan Agustus, tepatnya tanggal 9 dan 14. Dalam hujan meteor itu sedikitnya ada 100 meteor muncul setiap jam.