WartaSolo.com – Bersiap-siaplah bagi Anda yang akan mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014, karena sebentar lagi akan dibuka pendaftaran atau penerimaan bulan ini. Tepatnya tanggal 20 Agustus Anda bisa mendaftar CPNS secara online.

Nah, bagi Anda yang menginginkan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan gaji tinggi, berikut ini ada 3 instansi yang dianggap memiliki gaji tinggi.


Dikutip dari Kabar24, Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) punya gaji paling besar di antara PNS lain. Ini sesuai dengan anggapan yang mengasosiasikan lembaga ini dengan PNS gaji tertinggi.

Menurut Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), Herman Suryatman, gaji pokok PNS Kemenkeu pada dasarnya sama dengan PNS lain, yang membedakan adalah besaran tunjangan.

Dijelaskan, berdasarkan peraturan Kemenkeu No.289/KMK.01/02007, PNS Kemenkeu mendapatkan tunjangan khusus pembinaan keuangan negara (TKPKN). TKPKN paling besar didapat tingkat eselon I atau golongan IV/e yaitu Rp46,95 juta. Sedangkan terendah senilai Rp1,3 juta untuk golongan I/a.

“Kalau S1 kan golongan III/a, di TKPKNn-ya sekitar Rp3-10 juta,” kata Herman, Rabu (6/8/2014).

Herman menjelaskan berdasarkan Kepmen Keuangan Nomor 164/KMK.03/2007 pegawai pajak Kementerian Keuangan mendapatkan tambahan Tunjangan Kegiatan Tambahan (TKT).

“Saya lupa golongan-golongannya. Tapi kalau terbesarnya Rp20 juta, terendahnya Rp2,6 juta. Dia juga punya tunjangan Imbalan Prestasi Kinerja (IPK) sekitar Rp1,5 juta,” tambahnya.

Selain Kemenkeu, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Mahkamah Agung (MA) jadi dua instansi dengan PNS bergaji terbesar selanjutnya.

Alasan BPK menggaji PNS-nya tinggi adalah karena reformasi birokrasinya sudah mencapai 100%. Selain itu, ada tunjangan yang disebut Tunjangan Khusus Pembinaan Kegiatan (TKPK) yang didapat PNS BPK.

“Untuk tunjangannya yang saya ingat ada Tunjangan Khusus Pembinaan Kegiatan (TKPK) terbesarnya Rp35,21 juta, terendahnya Rp1,23 juta,” kata Herman.

Sedangkan untuk MA, belum ada informasi lebih lanjut mengenai besaran gaji, dan tunjangan yang didapat. Herman mengatakan MA telah mencapai reformasi birokrasi seperti BPK dan Kemenkeu, sehingga PNS-nya punya gaji yang cukup tinggi.

“Kalau MA saya belum baca. Tapi capaian reformasi birokrasinya itu sudah 100% juga seperti BPK dan Kemenkeu,” tambahnya.

Ketiga instansi itu yakni Kemenkeu, BPK dan MA menjadi pilot project reformasi birokrasi yang diprogramkan pemerintah.

“Makanya 3 lembaga ini jadi pilot project reformasi birokrasi lembaga 2010-2014,” tutupnya.

Sayangnya di antara ketiga instansi ini, hanya Kemenkeu yang membuka formasi jabatan CPNS 2014. BPK dan MA dalam pengumuman yang dirilis di Menpan.go.id.