WartaSolo.com – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau calon Aparatur Sipil Negara segera dibuka. Pelaksanaan pendaftaran CPNS akan dilakukan mulai tanggal 20 Agustus sampai 03 September 2014 mendatang. Diharapkan untuk calon pendaftar untuk segera mempersiapkan diri.

Sebanyak 65 ribu lowongan CPNS telah disiapkan untuk ditempatkan baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mengisi jabatan-jabatan yang masih kosong. Pendaftaran CPNS tahun ini berbeda dengan tahun lalu yakni pendaftaran dilakukan secara online.


INGAT! pantau juga update info penerimaan CPNS 2017 karena akan dibuka pendaftaran online penerimaan cpns diantaranya adalah penerimaan cpns kemenkumham 2017, dan juga pendaftaran cpns MA 2017 online. Silakan cek dokumen berikut berupa download pengumuman resmi file PDF persyaratan CPNS 2017 kemenkumham dan Mahkamah Agung.

Baca juga :

Bagi Anda yang bingung cara mendaftarnya jangan khawatir. Dilansir dari Bagian Komunikasi Publik Kementerian PAN, berikut alur pendaftaran CPNS secara online:


  1. Pendaftaran membuka situs resmi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di alamat http://panselnas.menpan.go.id. Lakukan pendaftaran dengan mengisi kolom NIK, Nama, Email, dan Pilihan Instansi yang Dilamar. Ini baru bisa dilakukan setelah pendaftaran dibuka yaitu 20 Agustus 2014.
  2. Setelah selesai melakukan pendaftaran, pelamar akan mendapatkan Username, Password dan Link (tautan) Pendaftaran Online Instansi yang Dilamar.
  3. Buka Link (tautan) Pendaftaran yang sudah diterima. Pelamar akan melihat tampilan pendaftaran CPNS di instansi yang dituju.
  4. Lakukan Login dengan memasukkan username dan password yang sudah diterima sebelumnya. Lengkapi pendaftaran, dan lengkapi dokumen. Kelengkapan dokumen seperti ijazah dan lainnya disampaikan dalam bentuk data dengan format pdf dan di-upload pada kolom dokumen yang sesuai.
  5. Setelah selesai melakukan pengisian dokumen, pelamar akan memperoleh kartu registrasi. Cetak kartu registrasi sebagai bukti telah mendaftar.
  6. Tunggu hasil verifikasi berkas pendaftaran oleh tim verifikator. Hasil verifikasi akan diumumkan dalam situs http://ssc.bkn.go.id atau situs resmi masing-masing lembaga.
  7. Lakukan Login untuk mengetahui hasil verifikasi. Bila lulus verifikasi administrasi, pelamar akan mendapat kartu peserta tes. Cetak Kartu Peserta Test sebagai bukti pelamar telah lulus saringan administrasi dan dapat mengikuti test seleksi CPNS.
  8. Bawa Kartu Peserta Test yang sudah di cetak saat mengikuti tes CAT di tempat yang ditunjuk oleh instansi yang dituju pelamar.

Berikut gambaran untuk alur pendaftaran CPNS 2014

alur pendaftaran CPNS

Adapun Agenda dan Kegiatan Penerimaan CPNS 2014 adalah sebagai berikut:

  • Pendataan dan penyerahan usulan formasi dilakukan pada April – Mei 2014.
  • Pembentukan panitia penerimaan CPNS 2014 di tiap-tiap institusi atau BKD dilakukan pada Mei – Juni 2014.
  • Penyusunan soal ujian dilakukan mulai Mei 2014.
  • Pengumuman Formasi Lowongan CPNS dilakukan pada 18-29 Agustus 2014.
  • Pendaftaran CPNS 2014 dan seleksi berkas dilakukan mulai 20 Agustus – 3 September 2014.
  • Penyusunan soal dilakukan mulai Juni 2014.
  • Pelaksanaan ujian dan tes CPNS dimulai pada 8 September 2014 sampai selesai.
  • Pengumuman peserta yang lulus menjadi CPNS tahun 2014 melalui website dilakukan pada November – Desember 2014
  • Penyerahan SK CPNS dilakukan pada Desember 2014 – Februari 2015.