WartaSolo.com – Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian tertinggi kedua setelah kanker payudara. Kanker serviks adalah kanker yang timbul di bagian leher rahim akibat pengaruh beberapa hal, salah satunya akibat infeksi HPV (human papillonviruses). Dari hal tersebut timbul banyak pertanyaan apakah kanker serviks bisa menular?

Jika dilihat dari jenisnya menurut informasi yang dilansir laman Wisegeek, tidak ada satupun kanker yang mempunyai sifat menular karena kanker yang menyerang pada dasarnya timbul akibat adanya kelainan pada genetika manusia atau pengaruh perubahan hormon.


Namun khusus pada kanker serviks, ada yang membedakan dengan jenis kanker lainnya seperti kanker payudara atau kanker darah. Pembedanya yaitu faktor risiko kanker serviks yang bisa timbul akibat infeksi virus, dari sinilah timbul pertanyaan apakah seseorang bisa mengidap kanker akibat virus HPV yang dia dapatkan dari berhubungan intim dengan pasangannya?

Secara logika sederhana, kanker serviks bukanlah penyakit menular. Namun, virus yang menjadi penyebap kanker serviks dapat menyebar melalui aktifitas hubungan intim. Kesimpulannya adalah jika pasangan Anda membawa HPV akibat hubungan intim dengan wanita pengidap virus HPV maka bisa jadi Anda akan terjangkit penyakit kelamin menular yang kemudian berkembang menjadi kanker.

Hingga saat ini para peneliti terus melakukan studi lanjutan untuk mengetahui keabsahan bahwa penyakit menular akibat virus dapat berkembang menjadi kanker, serta untuk menemukan tindakan preventif untuk kanker serviks.