WartaSolo.com – Tahun 2014 ini pemerintah kembali membuka kesempatan bagi anak bangsa untuk mengabdikan dirinya sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2014. Seleksi penerimaan CPNS akan kembali dibuka di tahun ini dan kini Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah dapat diakses secara online. Kalau dahulu harus mempersiapkan persyaratan administrasi dengan berbagai berkas, untuk pendaftaran secara online CPNS 2014 ini dibuat semakin mudah dengan hanya memerlukan NIK (nomor Induk Kependudukan).

Pendaftaran CPNS tahun 2014 ini memang dipermudah. Selain syarat pendaftaran yang dikurangi, jika dibanding tahun-tahun sebelumnya, calon peserta yang akan mendaftar secara online pun hanya membutuhkan Nomer Induk Kependudukan (NIK) saja. Tahun ini, pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui portal  http://panselnas.menpan.go.id Seperti WartaSolo lansir dari Detik, Rabu (6/8/2014)
Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait dengan proses pendaftaran seleksi CPNS yang terintegrasi. “Pemerintah berupaya mempermudah dan tidak memusingkan pelamar dengan sistem pendaftaran online,” kata Setiawan.



Cara Pendaftaran CPNS 2014 Online di Panselnas.menpan.go.id
Untuk melakukan pendaftaran secara online pelamar hanya perlu mengakses website pendaftaran tersebut dan mengisi kolom pendaftaran online yang berisi nama lengkap pelamar, Nomor Induk Kependudukan (NIK), tanggal lahir, pilihan instansi yang ingin dilamar, dan alamat email.

Persyaratan dalam melamar CPNS ditahun ini juga berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini dipermudah hanya dengan nama lengkap, NIK, tanggal lahir, pilihan instansi, dan alamat email. Untuk persyaratan administrasi seperti SKCK, Kartu Kuning, Surat Keterangan, nanti jika sudah dinyatakan lulus.

Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PANRB Suwardi menjelaskan, pendaftaran CPNS tahun ini ditetapkan, pelamar tidak bisa melamar di lebih dari 1 instansi, namun diberi keleluasaan untuk mendaftar maksimal untuk tiga pilihan jabatan dalam satu instansi.

Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses seleksi agar lebih efektif. Dan tidak menguras tenaga pelamar dalam mempersiapkan persiapan administrasi saja. Sehingga pelamar dapat fokus dalam belajar mengerjakan soal – soal tes seleksi CPNS nanti. Maka dari itu persiapkan diri anda dari sekarang untuk dapat lolos dari seleksi CPNS Tahun 2014.