WartaSolo.com – Virus Ebola kini mengancam nyawa di beberapa wilayah Afrika. Seperti diketahui virus ini telah banyak merenggut nyawa ribuan orang di Afrika. Apa itu Virus Ebola? Dan cara virus ini menginfeksi manusia.

Virus Ebola bekerja dengan masuk ke sel tubuh manusia, lalu bereplikasi. Virus tersebut lantas menghasilkan sejenis protein bernama Ebolavirus glycoprotein, yang akan menempel di sel dalam pembuluh darah. Hasilnya, permeabilitas pembuluh darah meningkat, dan membuat kebocoran pada sel darah. Ini membuat penderita mengalami shock dan pada akhirnya meninggal seperti yang WartaSolo lansir dari Kompas,Rabu(6/8/2014).



Virus Ebola merupakan sebuah virus penyakit menular yang menakutkan, sebab mengakibatkan kematian dalam waktu singkat dan hingga kini belum diketemukan vaksin obatnya. Virus ini ditemukan sejak 1976, dan sudah berkembang menjadi 5 spesies yaitu: Zaire, Sudan, Tai Forest, Bundibugyo, dan Reston. Dan yang paling berbahaya adalah spesies Zaire, hampir 90% yang terjangkit virus ini meninggal.

Virus Ebola menyebar lewat kotoran, cairan, serta cara pengobatan yang tak layak atau secara tradisional di Afrika. WHO menyebut juga bahwa cara warga Afrika menguburkan korban virus itu menjadi salah satu media penyebaran virus. Selain itu pengobatan modern bagi sebagian warga Afrika adalah hal yang tabu. Beberapa malah menyebut bahwa tim medis hanya akan membunuh dan malah menyebarkan virus mematikan itu.

Untuk mencegah penularan virus dan menghindarinya dapat dilakukan dengan tidak kontak langsung dengan penderita, dan memakai baju khusus untuk emnutupi seluruh tubuh. Dan pasien yang mengidap virus harus diisolasi dalam sebuah kamar khusus, untuk meminimalisir penyebaran virus. Apapun yang digunakan pasien maka itu tak boleh dipakai oleh orang lain yang sehat.