Wartasolo.com – Nokia X series yang menggunakan sistem operasi Android adalah saah satu keluarga smartphone yang masa depannya suram setelah Microsoft mengakuisisi Nokia. Kendati demikian, Nokia X Android masih banyak diminati oleh konsumen dan hal ini terlihat dari permintaannya yang tinggi.

Saat ini harga smartphone Nokia X Android terbaru Agustus 2014 di Indonesia adalah Rp 1.298.000. Harga yang ditawarkan oleh Nokia X Android memang telah jauh menurun dari harga awalnya yang mencapai Rp 1,6 juta. Spesifikasi yang ditawarkan oleh smartphone Nokia X Android sendiri sebenarnya tak terlalu istimewa jika dibandingkan dengan para pesaingnya.


Ponsel pintar Nokia X dibekali dengan bentang layar sentuh 4 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel dengan kepadatan layar mencapai 233 piksel per inci berteknologi panel IPS. Spesifikasi layar Nokia X ini cukup standar di kelasnya, tetapi bisa dikatakan cukup mampu bersaing.


Smartphone Nokia X ini dibekali dengan ruang simpan internal berkapasitas 4GB yang dapat diperluas hingga maksimal 32GB berkat hadirnya slot microSD. Tak hanya itu, Nokia X juga didukung fitur standar smartphone, yakni hadirnya Bluetooth, WiFi, 3G HSPA, dan dual SIM.

Sektor performa, Nokia X Android ini sebenarnya cukup standar di kelas entry-level saat ini dengan sokongan prosesor dual-core berkecepatan 1GHz dari Qualcomm Snapdragon 200 yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 512MB. Kinerja grafis Nokia X juga cukup tinggi berkat dukungan pengolah grafis dari Adreno.

Nokia X disokong baterai berkapasitas 1500mAh. Sektor kamera, Nokia X mengusung kamera dengan resolusi 3 megapiksel yang menghadap ke belakang pada Nokia X. Sayangnya, Nokia X tidak disertai dengan kamera depan untuk video call.

Kelemahan utama smartphone Nokia X ini adalah sistem operasi yang digunakan tak dapat di-upgrade ke Nokia X Platform 2.0 yang digunakan oleh ponsel pintar Nokia X2 Android. Kendati demikian, Nokia X ini tetap layak dipertimbangkan di kelas entry-level.