WartaSolo.com – Takut dengan Osteoporosis? Sebaiknya Anda memperhatikan makanan yang Anda konsumsi agar terhindar penyakit ini. Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.

Tulang sendiri adalah organ vital yang selain menyusun kerangka tubuh juga memberikan fungsi lain seperti, membentuk postur tubuh, tempat pembentukan sel darah, melindungi organ-organ vital tubuh lainnya dan masih banyak lagi.



Untuk menghindari osteoporosis, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang dibutuhkan tulang agar tetap terjaga fungsi dan kepadatannya meski usia bertambah. Apa saja makanan tersebut, berikut di antaranya dikutip dari Dunia Fitnes:

Susu

Susu adalah sumber terbaik kalsium yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang yang tepat. Para ahli menyarankan bahwa orang dewasa harus mengonsumsi setidaknya 700mg kalsium per hari, dan 1.200 mg jika didiagnosis terkena osteoporosis.

Susu rendah lemak atau susu bebas lemak adalah pilihan terbaik karena memiliki kandungan kalsium tinggi sehingga memudahkan tubuh menyerap kandungan kalsiumnya.

Selain kalsium, susu juga kaya akan nutrisi seperti kalium, magnesium, riboflavin, fosfor dan Vitamin D, A dan B12, yang semuanya penting untuk kesehatan tulang.

Orang yang tidak suka susu dapat mengonsumsi makanan lain yang kaya kalsium seperti, yoghurt, kedelai atau makanan nabati lainnya untuk mendapatkan asupan kalsium yang memadai.

Sarden

Sumber makanan yang kaya baik kalsium dan vitamin D, tulang-tulang ikan sarden yang kecil tersebut dapat melakukan keajaiban dengan membangun massa tulang Anda.

Salmon

Dilengkapi dengan omega-3 asam lemak, salmon dan jenis ikan lainnya memiliki sifat pembangun tulang. Mereka juga mengandung vitamin D, yang membantu dalam penyerapan kalsium. Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat mengurangi keropos tulang pada wanita, yang dapat membantu dalam mencegah osteoporasis.

Sayuran berdaun hijau & Kacang-Kacangan

Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan brokoli merupakan sumber kalsium dan vitamin D. Kacang-kacangan seperti kenari, biji rami, pistachio tidak hanya kaya akan kalsium, tetapi juga merupakan sumber dari omega-3 asam lemak dan mineral yang dapat meningkatkan kesehatan tulang dalam berbagai cara. Kacang tanah dan almond mengandung kalium, yang dapat membantu mencegah hilangnya kalsium dalam urin.