WartaSolo.com – Lebaran memang menjadi salah satu moment yang sangat ditunggu oleh banyak kalangan. Dengan mudik lebaran keluarga akan berkumpul melepas kangen setelah satu tahun berpencar merantau. Tradisi mudik tentu harus meninggalkan rumah atau kontrakan tempat kita tinggal, nah bagaimana caranya agar rumah tersebut tetap aman saat kita mudik?

Untuk mengatasi hal tersebut Kepala Sub Bagian Humas Polresta Bekasi Kota AKP Siswo memiliki tips khusus bagi pemudik yang meninggalkan rumahnya untuk pulang kampung dan tidak memiliki pembantu atau penjaga yang menjaga rumahnya tersebut.


“Banyak yang pergi mudik Lebaran berminggu-minggu. Mereka harus meninggalkan rumah dalam keadaan kosong karena asisten rumah tangga juga cuti kan,” ujar Siswo di Polresta Bekasi Kota, Seperti dikutip Warta Solo dari laman Kompas, Kamis (24/7/2014).

Inilah 10 tips agar rumah tetap aman ketika ditinggal mudik:

  • Selama mudik, hindari hal yang menunjukkan bahwa rumah sedang kosong, seperti lampu rumah yang dalam keadaan terus menyala. Kalau perlu, pasang lampu otomatis yang dapat menyala dan mati dalam waktu yang diinginkan. Taruh sandal di luar rumah.
  • Jangan meninggalkan barang berharga Anda, seperti uang dan perhiasan, di dalam rumah. Lebih baik, simpan saja barang berharga tersebut di bank atau titipkan ke orang yang dipercaya.
  • Sebelum berangkat, pastikan pintu dan jendela benar-benar dalam keadaan terkunci. Kemudian, jangan menyimpan kunci cadangan di bawah keset atau pot bunga. Lebih baik titipkan kepada tetangga untuk jaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan.
  • Sebelum berangkat, matikan semua listrik yang tidak diperlukan. Hal ini untuk menghindari adanya arus pendek yang menyebabkan kebakaran.
  • Titipkan rumah kepada tetangga atau satpam. Pinta mereka untuk memeriksa keadaan rumah dalam waktu berkala.
  • Hentikan dulu langganan koran Anda selama mudik.
  • Pasang alarm keamanan atau CCTV di titik-titik tertentu rumah Anda, seperti ruang tamu, ruang tidur, dan halaman rumah.
  • Cabut aliran tabung gas.
  • Beri tahu tetangga Anda bahwa Anda akan mudik dan rumah Anda dalam keadaan kosong.
  • Jangan sesumbar di media sosial. Terkadang, mengumbar segala hal di media sosial dapat menjadi sumber malapetaka. Tidak perlu mengumumkan kepada publik bahwa Anda akan pergi ke luar kota bersama keluarga, apalagi sampai menjelaskan secara detail mengenai kondisi rumah yang kosong.

Mencegah lebih baik daripada tidak sama sekali, dengan 10 tips di atas semoga anda merasa aman dan nyaman meninggalkan rumah dalam rangka mudik lebaran.