WartaSolo.com – Kementerian Agama (Kemenag) akan segera melakukan sidang isbat pada hari Minggu, 27 Juli 2014 untuk menentukan jatuhnya tanggal 1 syawal 1435 H yang juga menjadi hari Idul Fitri. Hal itu terlihat dari website resmi Kemenag yang memberi keterangan kepastian jatuhnya 1 syawal agar tidak terjadi kebingungan untuk menentukan hari idul fitri.

“Kementerian Agama akan menyelenggarakan Sidang Isbat Awal Syawal 1435H/2014M dan akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama,” ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Muhtar Ali


Sementara itu, Kasubdit Pembinaan Syariah dan Hisab Rukyat Izzudin mengatakan, proses isbat awal Syawal akan dilakukan dalam tiga sessi di tiga tempat (ruangan) yang berbeda di Gedung Kementerian Agama. Pola ini dilakukan seperti penyelenggaraan sidang isbat awal Ramadan.

Untuk menentukan 1 syawal 1435 H pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama, direncanakan sidang akan digelar mulai jam 18.30 WIB sampai dengan 19.30 WIB dengan membahas hasil Tim Hisab-Rukyat Kementerian Agama yang melakukan pemantauan hilal di 111 lokasi pengamatan yang tersebar di 33 Provinsi di seluruh Indonesia. Setelah itu, sidang dilanjutkan dengan pembahasan hasil rukyatul hilal untuk mengambil keputusan.

Setelah sidang isbat selesai, Menteri Agama, Pimpinan Majelis Ulama Indonesia, didampingi Wakil Menteri Agama, dan Dirjen Bimas Islam akan menggelar konferensi pers untuk menyampaikan keputusan yang telah disepakati dalam menentukan 1 syawal 1435 H