WartaSolo.com – Setelah beberapa waktu lalu sempat ambles, jembatan Comal yang berada di Kabupaten Pemalang yang menghubungkan Jakarta menuju Surabaya sudah dapat digunakan pada Kamis (24/7/2014) pukul 02.30. Namun hanya Sepeda motor dan kendaraan pribadi saja yang dapat menggunakannya, sedangkan kendaraan berat seperi bus dan truk diarahkan ke jalur alternatif lain.Sayangnya, kondisi sejumlah jalur alternatif rusak, masih dalam perbaikan, dan minim penerangan jalan.

Sedangkan untuk jalur sebaliknya Surabaya menuju Jakarta masih belum dapat digunakan karena masih dalam perbaikan. Namun Menteri Pekerjaan Umum mengatakan, jika uji teknis ini tidak baik, jembatan Comal akan ditutup kembali.


Beberapa jalur alternatif lain yang dapat dilalui dari Purwokerto arah Yogyakarta adalah Gunung Tugel-Banyumas-Kemranjen-Kebumen. Untuk menghindari kemacetan di jalur selatan Cilacap, pengendara dapat melintasi jalur Rawalo-Patikraja-Kalibagor-Banyumas-Buntu-Kebumen.

Jalur alternatif yang dapat dilalui antara lain Rowokele-simpang tiga Sangkal Putung-Buayan-Kuwarasan-Jalan Lintas Selatan-Selatan (JLSS)-Purworejo atau melalui simpang tiga Guyangan ke selatan melalui Adimulyo-Petanahan-JLSS-Purworejo.

Saat jembatan comal ambles, untuk mencegah penumpukan kendaraan pribadi yang melintas di Jembatan Comal dialihkan menuju jalur alternatif yang lain. diperkirakan puncak mudik lebaran tahun ini akan terjadi pada hari H-3