WartaSolo.com – Banyak ucapan selamat yang datang atas kemenangan Jokowi sebagai Presiden Indonesia Terpilih 2014. Salah satunya adalah ucapan selamat dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat.

John F Kerry selaku Menteri Luar Negeri Amerika Serikat kemarin memberi ucapan selamat kepada Joko Widodo setelah Komisi Pemilihan Umum menetapkan pria akrab disebut Jokowi itu sebagai pemenang pemilu presiden 9 Juli lalu.


“Rakyat Indonesia sekali lagi bersatu padu memperlihatkan komitmen mereka terhadap demokrasi lewat pemilu yang adil dan bebas,” kata Kerry dalam pernyataannya, seperti dilansir surat kabar the Straits Times, Selasa (22/7/2014).

“Sebagai negara demokrasi kedua dan ketiga terbesar di dunia, Amerika Serikat dan Indonesia menjadi contoh bagi dunia. Kita punya banyak kesamaan pandangan, termasuk menghormati hak asasi dan hukum.”

Kerry juga menyampaikan Amerika siap bekerja sama dengan Jokowi untuk mempererat kerja sama, saling berbagi secara global, dan memperluas hubungan antar warga negara.

Selain Menlu, Ahok selaku wakil dari Gubernur DKI Jakarta juga sudah melontarkan ucapan selamat kepada Jokowi. Meski hanya ditanggapi dengan senyuman namun memang begitulah sifat Jokowi.

Seperti diketahui Komisi Pemilihan Umum telah secara resmi mengumumkan pemenang Pemilu Presiden 2014 pada Selasa malam (22/7/2014). Pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla ditetapkan menjadi pemenang Pilpres 2014 dan terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI untuk masa bakti 2014-2019.