WartaSolo.com – Saat lebaran datang identik dengan mudik. Namun tak jarang mudik sering dibarengi dengan jalanan yang macet karena berbagai kendaraan dalam waktu yang sama menuju daerah yang sama. Namun kini kemacetan dapat anda hindari, setidaknya melalui jalan yang tidak terlalu padat, yakni dengan mendownload peta jalur mudik. Kementrian Perhubungan telah membagikan informasi tentang peta jalur mudik berformat GIS ( Geographic Information System ) yang memiliki tampilan peta digital maupun gambar citra satelit dan bisa di-download ke tablet.

Untuk mengakses peta mudik digital tersebut, anda dapat mengakses di website http://gis.dephub.go.id/googlemap/rutemudik.htm. Situs tersebut mengadopsi data Google map dan Google Earth yang bisa anda download dan disimpan di tablet. Laman peta mudik tersebut dapat terus diakse melalui tablet ataupun ponsel, karena informasi yang disajikan dalam peta mudik GIS selalu update.


Contoh yang baru terjadi ketika  Jembatan Comal di Kabupaten Pemalang (Jawa Tengah) ambles, peta tersebut menyajikan jalur alternatif sepanjang 8 kilometer dengan rute  Jl. Urip Sumoharjo—Jl. Jenderal Sudirman—Jl Perintis Kemerdekaan dan bertemu kembali dengan jalur Pantura di sebelah timur jembatan Comal.

Peta mudik GIS dapat anda download DISINI. Peta tersebut dapat anda download melalui android ataupun iPad. Sehingga dapat anda gunakan setiap saat, meskipun tidak ada akses internet dimanapun dan dikapanpun. Untuk itu diperlukan aplikasi tambahan dan bisa dipasang secara gratis, seperti  Save This Page untuk tablet Android dan iSaveWeb untuk iPad dan iPhone. Setelah itu download dan pasang kedua aplikasi itu dari GooglePlay dan AppleStore. Setelah apliaksi penyimpan webpage itu terpasang, buka laman http://gis.dephub.go.id/googlemap/rutemudik.htm.