WartaSolo.com – Separatis Pro Rusia secara resmi telah menyerahkan Kotak Hitam Pesawat MH17 yang ditembak jatuh beberapa waktu lalu. Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan kotak hitam yang ditemukan dari lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH17 di Ukraina dalam kondisi baik dan sekarang berada di tangan Malaysia.

“Tim Malaysia telah mengambil hak penanganan kotak hitam, yang tampaknya dalam kondisi baik. Kotak hitam itu akan disimpan dengan aman dalam penanganan Malaysia sementara tim investigasi internasional sedang diresmikan. Dan di saat itu, kita akan mengembalikan kotak hitam ke tim investigasi internasional untuk analisa lebih lanjut,” kata Najib dalam siaran pers, seperti dikutip Warta Solo dari situs the Star, Selasa (22/7/2014).


Najib mengatakan dia senang dua syarat pertama telah terpenuhi di saat kereta yang membawa jenazah korban MH17 telah tiba di Kharkhiv, dengan pengaturan yang dibuat untuk memindahkan mereka ke Amsterdam. Keamanan kotak hitam telah menjadi titik perhatian di mana kantor berita Rusia Interfax sebelumnya melaporkan kotak hitam MH17 akan dikirim ke Moskow, dengan mengutip para pejabat berada di lokasi Republik Rakyat Donestsk, wilayah pro-Rusia.

Seperti diketahui pesawat Malaysia Airlines MH17 terbang dari Amsterdam ke Kuala Lumpur dengan membawa 298 orang di dalamnya ketika jatuh di Donetsk, Ukraina timur, dekat perbatasan Rusia, pada Kamis malam pekan lalu. Diyakini MH17 jatuh setelah terkena rudal yang ditembakkan oleh kelompok separatis.

“Ini adalah keadaan luar biasa yang menyerukan untuk melakukan langkah-langkah luar biasa. Ada risiko yang terlibat dalam mengejar perjanjian ini. Namun kami merasa berkewajiban untuk mengeksplorasi semua jalan untuk memecahkan kebuntuan dan mengamankan kembalinya jenazah serta kotak hitam. Setelah bertemu keluarga, saya merasa kita berutang kepada mereka untuk bertindak,” jelas Najib.

Najib juga mengucapkan terima kasih kepada tim Malaysia di darat untuk mendukung operasi pemulihan. “Saya lega kita telah mampu mengamankan terobosan yang telah memungkinkan kita untuk bergerak maju, dan saya ingin berterima kasih kepada tim Malaysia di lapangan yang telah bekerja keras untuk mendukung operasi ini. Berkat upaya mereka, kita sangat dekat untuk mencari tahu apa yang terjadi pada pesawat itu dan memenuhi tanggung jawab kita bersama terhadap mereka yang kehilangan nyawa mereka,” Pungkas Najib.