WartaSolo.com – Jatuhnya pesawat MH17 milik Malaysia Airlines yang disebabkan oleh tembakan roket memang menyisakan duka yang mendalam. Kabar terkini mengenai MH17 adalah diserahkannya Kotak Hitam pesawat naas tersebut oleh separatis pro Rusia Selasa kemarin.

Aleksander Borodai selaku Pemimpin senior separatis pro Rusia, pada Selasa (22/7/2014) kemarin menyerahkan dua kotak hitam pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 yang jatuh di Kota Donestk, Ukraina. Pada hari yang sama, kereta yang membawa sekitar 200 kantong mayat berisi jenazah korban jatuhnya pesawat itu tiba di Kota Kharkiv yang dikuasai pemerintah Ukraina.


“Di sini kotak hitam berada,” kata Borodai di markas Republik Rakyat Donestk, kepada wartawan seperti dilansir Kantor Berita Reuters. Kotak hitam itu ditempatkan di meja. Kolonel Mohamed Sakri dari Dewan Keamanan Malaysia mengakui kedua kotak hitam pesawat Malaysia Airlines MH17 itu dalam kondisi baik.

Di sisi lain, jenazah yang tiba di Kota Kharkiv dari Kota Donestk yang dikuasai separatis sejak April lalu bakal di bawa ke Belanda untuk diidentifikasi. Pengangkutan jenazah dari lokasi kecelakaan itu setelah Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, mencapai kesepakatan dengan separatis.

Seperti tertuang dalam kesepakatan itu jenazah yang ditemukan diserahkan kepada pihak berwenang di Belanda, negara dengan jumlah korban terbesar dari total 298 kematian. Hal ini sangat membawa duka yang mendalam buat Belanda.

Kedatangan tim investigasi di Kota Donetsk, Senin (21/7/2014) lalu, disambut pertempuran antara pasukan pemerintah Ukraina dan separatis pro Rusia. Tembakan artileri terjadi di dekat stasiun kereta api Donetsk, sekitar 60 kilometer dari lokasi kecelakaan.

Kita berharap investigasi dan indentifikasi jenasah kecelakaan pesawat MH17 segera selesai, tentunya keluarga korban yang berada di Indonesia juga sangat berharap jenasah anggota keluarga mereka bisa segera dibawa pulang ke tanah air.