WartaSolo.com – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dipastikan undur sampai akhir Agustus 2014. Semula pelaksanaan digelar sekitar minggu ketiga bulan Juli. Hal ini disebabkan belum lengkapnya data tambahan formasi CPNS masing-masing instansi.

Dikutip dari Kompas, Kamis (17/07/2014), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) meminta para pejabat pembina kepegawaian (PPK), baik pusat maupun daerah, segera menyampaikan rincian usulan tambahan formasi aparatur sipil negara (ASN), terutama PNS, paling lambat 24 Juli 2014.



Deputi Sumber Daya Manusia Kemenpan dan RB, Setiawan Wangsaatmadja menyampaikan dalam siaran pers kemarin bahwa rincian formasi ini dibutuhkan agar persetujuan dari Menteri bisa dilaksanakan sesuai jadwal. Nantinya instansi bisa membuka lowongan CPNS mulai tanggal 11 dan 24 Agustus 2014. Tahapan selanjutnya adalah pendaftaran online di http://panselnas.menpan.go.id pada tanggal 25-29 Agustus 2014.

Sementara itu, pelaksanaan seleksi tes kemampuan dasar dan tes kemampuan bidang akan dilakukan pada 1 September 2014 sampai selesai. Lamanya pelaksanaan tergantung jumlah pelamar dan kapasitas computer assisted test (CAT). Setelahnya, instansi wajib mengumumkan peserta yang lulus melalui media online atau cetak. Namun, jadwal ini masih bersifat sementara dan bisa berubah sewaktu-waktu.