WartaSolo.com – Gaji 13 PNS merupakan gaji yang paling ditunggu – tunggu. Dan di tahun 2014 ini ada harap – harap cemas karena sampai pertengahan bulan Juli belum ada kabar pasti kapankan gaji ke-13 akan turun. Kaena biasanya gaji ke-13 jatuh di bulan Juli. Dan kini kabar gembira yang ditunggu – tunggu akhirnya datang, gaji ke 13 PNS akan segera turun di bulan Juli ini berdekatan dengan cuti lebaran.

Pasalnya Presiden Susilo Bambang Yudoyono telah menandatangani  Peraturan Pemerintah (PP) yang menjadi acuan dasar hukum pemberian gaji/tunjangan/pensiun ke-13 terhadap PNS. Peraturan Pemerintah tersebut telah diperkuat dengan adanya Peraturan Menteri Keuangan atau PMK Nomor 144/PMK.05/2014 mengenai Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Gaji/Pensiun/Tunjangan bulan ketiga belas dalam tahun anggaran 2014 kepada PNS, Anggotan TNI, Anggota Kepolisian, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun/Tunjangan.


Tahun 2014 ini pemerintah telah menganggarkan dan Rp. 5,3 triliun untuk pemberian gaji/tunjangan/pensiun ke 13. Jika dibandingkan degan tahun lalu anggaran ini naik sekitar 6 persen. Namun tidak ada perubahan yang signifikan, karena ada PNS baru tapi juga ada yang telah pensiun.

“Gaji ke-13 sekitar Rp 5,3 triliun. Budget-nya naik, tahun lalu dibandingkan sekarang ada kenaikan gaji 6%,” kata Askolani Dirjen Anggaran Kemenkeu.