WartaSolo.com – Masyarakatan Jawa Tengah bisa bersenang hati karena CPNS tahun ini, provinsi Jateng mendapatkan alokasi formasi Calon Pegawai Negeri Sipil sebanyak 1.538 kuota. Formasi lowongan CPNS sebanyak itu tersebar di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng dan 30 pemerintah kabupaten/kota.

Sebelumnya telah digelar simulasi CAT CPNS di Undip yang dihadiri Rektor Undip, Prof. Sudharto P. Hadi dan Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB), Tasdik Kinanto diikuti ribuan peserta yang kebanyakan mahasiswa.


Dalam lowongan CPNS Jawa Tengah ini, terdapat lima pemerintah kabupaten (pemkab) di Jateng yang tidak membuka lowongan CPNS pada 2014, yakni Rembang, Pemalang, Karanganyar, Kudus, dan Wonosobo. Lima pemkab tersebut tidak memiliki anggaran dana untuk penambahan pegawai.

Seleksi penerimaan CPNS nantinya menggunakan sistem computer assisted test [CAT] secara online sehingga transparan karena pelamar bisa langsung mengetahui hasil nilai tes. Untuk pendaftarannya sendiri akan menggunakan sistem single entry atau satu pintu yakni online dengan mengakses situs sscn.bkn.go.id.