WartaSolo.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kembali menggelar simulasi tes CPNS sistem Computer Assisted Test (CAT) di Semarang. Sebelumnya sudah digelar dibeberapa tempat seperti Jakarta, Bogor dan Bandung.

Dikutip dari JPNN, Simulasi ini akan dilaksanakan hari Sabtu mendatang dengan bertempat di Gedung Pertemuan Prof Soedarto, Kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Simulasi tes CPNS ini digelar tidak dipungut bayaran alias gratis. Pelaksanaan simulasi dilakukan bekerja sama dengan JobsDB.com.



Rencananya acara ini akan dibuka pada pukul 09.00 WIB, dan ditutup pukul 16.00 WIB,atau selama delapan jam. Bagi masyarakat yang akan mengikuti simulasi CAT diminta untuk mendaftarkan terlebih dahulu secara online melalui http://id.jobsdb.co.id/kampus.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) KemenPANR-B Herman Suryatman mengatakan, simulasi CAT di Semarang ini hanya berlangsung satu hari. Diperkirakan bisa mengcover 1.500 sampai 2.000 orang dengan fasilitas 50 unit laptop untuk tes ini.

Seperti simlasi CAT sebelumnya, setiap peserta diberikan waktu 10 menit untuk mengerjakan soal, dan ada jedah untuk persiapan sekitar dua hingga lima menit. Artinya, setiap laptop bisa digunakan empat sampai lima orang dalam satu jam.

Simulasi CAT dilakukan KemenPAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), bekerja sama dengan JobsDB.com, dijadwalkan berlangsung di enam kota, yakni Bandung, Semarang (12 Juli), Denpasar (14 Juli), Surabaya (16 Juli), Makassar (18 Juli), dan terakhir Medan (22 Juli). Sebelumnya simulasi juga sudah dilaksanakan dua kali di Jakarta dan sekali di Bogor.