WartaSolo.com – Apa yang Anda rasakan jika banyak sekali panu yang menempel dikulit Anda? Rasa percaya diri akan turun bahkan hilang dan membuat kita malu. Apalagi jika letaknya didaerah yang bisa dilihat orang secara telanjang.

Panu atau Tinea versicolor merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Umumnya terjadi jika kondisi cuaca lembab dan panas, sehingga jamur tumbuh subur di permukaan kulit yang kurang terjaga kebersihannya. Jadi, dari pada bikin malu, ada baiknya segera dimusnahkan dari kulit.


Berikut ini merupakan obat panu yang berasal dari bahan alami, yang bisa mengatasi panu di kulit Anda dikutip dari Sidomi.

Bawang putih
Bawang putih punya banyak zat aktif yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk bermanfaat menyembuhkan panu. Caranya, ambil satu butir bawang putih, kupas, iris, dan gosok di permukaan panu. Lakukan 3 – 4 kali hingga sakit Anda sembuh.


Lidah buaya
Dilansir dari Meet Doctor, tanaman ini ternyata juga berguna menghilangkan jamur kulit. Caranya cukup gosokkan lendir lidah buaya di kulit yang sakit, lalu diamkan sampai kering. Kemudian bilas sampai bersih.

Tea tree oil
Minyak pohon teh juga dapat digunakan sebagai obat penghilang jamur kulit. Oleskan saja secara rutin hingga panu Anda sembuh.

Cuka apel

Cuka apel tak hanya baik diminum, namun untuk menghilangkan panu juga dapat. Caranya campur 1 sendok cuka apel dengan sedikit air, lalu bubuhkan pada kulit yang sakit. Diamkan beberapa menit, lalu bilas. Ulangi beberapa kali sehari.

Dengan obat-obatan alami diatas, sekarang Anda tidak perlu khawatir panu akan kembali menyerang.