WartaSolo.com – Jika anda mengira bahwa Avanza hanya beredar di tanah air maka itu salah, ternyata sejumlah mobil Toyota dan Daihatsu buatan Indonesia juga menjadi produk yang diekspor ke mancanegara. Kemana saja mobil-mobil buatan Indonesia diekspor?

Berdasarkan data terdapat total 48 negara yang menerima produk mobil buatan Indonesia, termasuk Jepang. Salah satu di antara mobil tersebut adalah Toyota Avanza, yang kini kembali merambah kembali ekspor ke negara-negara Timur Tengah.



Selain di tanah air Avanza sendiri merupakan produk yang juga laris di luar negeri dan hingga tahun ini sudah sekitar 38.600 mobil yang diekspor ke mancanegara. Toyota Avanza kini telah masuk ke tujuh negara di Timur Tengah, yakni Arab Saudi, Oman, Kuwait, Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain, dan Yaman.

“Ekspor Avanza ini memang meningkat terus. Sampai 2013, ekspor kita sudah 37.634 unit. Tahun 2014 ini, ekspornya sudah sampai 38.600-an,” ungkap Made Daya Tangkas, selaku External Director and Corporate Affair PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Toyota Avanza sendiri sebelumnya sudah diekspor ke Timur Tengah, yakni ke negara Jordania, Lebanon, dan Suriah. Dengan tujuh negara sebagai target baru, maka Avanza sudah merambah 44 negara, mencakup Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin. Bagaimana menurut anda? sungguh luar biasa bukan?