WartaSolo.com – Puasa ramadhan memang dianggap sebagai ibadah yang bermanfaat untuk kesehatan, namun tak jarang pula karena tidak memperhatikan makanan yang dimakan justru mengalami gangguan kesehatan saat berpuasa. Meski hanya gangguan ringan namun jika tidak di tangani maka akan mampu menjadi lebih parah.

Ketika anda berpuasa maka perlu memperhatikan asupan gizi dan makanan yang anda konsumsi serta perlu mewaspadai gangguan kesehatan yang muncul saat puasa. Apa saja gangguan kesehatan yang muncul saat puasa? berikut ulasannya seperti yang Warta Solo kutip dari laman NHS Choices, Senin (07/07/2014).


1. Kenaikan asam lambung, ketika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak dan pedas untuk berbuka dan sahur maka akan terjadi kenaikan asam lambung. Selain itu kenaikan asam lambung juga biasanya terjadi saat Anda langsung tidur setelah sahur. untuk mengatasi gangguan ini, oleskan minyak peppermint untuk mengurangi ketidaknyamanan perut.


2. Dehidrasi, ini merupakan gangguan yang lazim dan umum saat puasa. Tubuh Anda akan terus kehilangan air melalui keringat dan urin padahal tidak ada pasokan air saat puasa. Untuk mengatasi hal ini usahakan untuk minum banyak air saat buka, sahur, dan jeda waktu antara buka dan sahur.

3. Sakit kepala, hal ini sering terjadi disebabkan karena otak kekurangan oksigen yang bisa diperoleh dari makanan dan minuman yang biasa kita konsumsi. Karena kita puasa maka asupan makanan yang mengandung oksigen sedikit terbatasi. Untuk mengatasinya gangguan sakit kepala saat puasa, coba hirup udara segar dan hindari paparan sinar matahari langsung.

4. Sembelit, saat anda menjalankan ibadah puasa pasti tak jarang anda terserang gangguan sembelit. Hal itu disebabkan asupan serat tidak tercukupi dengan baik, untuk mencegah hal itu disarankan untuk selalu memasukkan serat dalam menu sahur dan buka Anda. Konsumsi banyak buah dan sayur agar Anda dapat terhindar dari sembelit.