WartaSolo.com – Setelah simulasi CAT tes CPNS digelar dalam acara Job Fair, kini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) kembali menggelar simulasi Computer Assisted Test (CAT) di beberapa kota besar.

Dari simulasi CAT sebelumnya yang dilakukan di Jakarta dan Bogor, calon peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sangat antusiasme mengikutinya. Hal ini disampaikan oleh Azwar Abubakar selaku Menteri PAN-RB.



Dengan mencoba simulasi CAT, diharapkan para peserta menjadi familiar ketika nantinya mengikuti tes CPNS. Calon peserta juga diharapkan bisa lebih berkonsentrasi dan mempelajari kisi-kisi yang akan diujikan dalam tes.

Dikutip dari laman Liputan6, Selasa (01/07/2014), untuk bocoran soal tes CPNS nantinya adalah tes kompetensi dasar (TKD) terdiri dari 3 kelompok soal. Pertama, wawasan kebangsaan yang meliputi Pancasila, UU 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Kedua, karakteristik pribadi yang meliputi integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pelayanan dan lain-lain.

Ketiga, intelegensia umum yang meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis dan kemampuan berpikir analitis.

Azwar mengungkapkan, dari pengalaman simulasi sebelumnya banyak peserta yang tidak bisa memenuhi passing grade, padahal secara kumulatif nilainya tinggi. Umumnya para peserta unggul pada salah satu kelompok soal, tetapi jatuh pada kelompok soal lain.

Pendaftaran seleksi CPNS 2014 akan dilaksanakan pada Juli dan TKD dimulai pada Agustus 2014. Pendaftaran dilakukan secara online dengan sistem single entry. Pelamar dapat memilih tiga pilihan jabatan pada satu instansi.

Selain itu, pesyaratan pendaftaran juga akan dipermudah karena saat mendaftar tidak diperlukan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat keterangan sehat dan kartu kuning. Persyaratan administrasi itu baru diserahkan jika pelamar dinyatakan diterima menjadi CPNS.

Berikut jadwal simulasi CAT di beberapa kota besar:

– 3-4 Juli 2014 di Univesitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat.
– 8 Juli 2014 di Denpasar, Bali.
– 14 Juli 2014 di Semarang, Jawa Tengah.
– 16 Juli 2014 di Surabaya, Jawa Timur.
– 18 Juli 2014 di Makassar, Sulawesi Selatan.
– 22 Juli 2014 di Medan, Sumatera Utara.