Manfaat Jus Semangka Untuk Kesehatan, Kecantikan Dan Ibu Hamil

Share:

Manfaat Jus Semangka Untuk Kesehatan, Kecantikan Dan Ibu Hamil. Semangka (Citrullus lanatus) adalah buah berkulit keras dengan warna hijau pekat terkadang muda disertai larik-larik hijau tua. Daging buah ada yang berwarna merah dan kuning, tergantung jenis kultivarnya. Semangka merupakan buah yang tahan hidup di lahan tandus apabila tengah memasuki masa pembentukan buah.

Buah ini mempunyai cita rasa manis serta memberikan sensasi kesegaran bagi tenggorokan selama musim panas. Di sisi lain tanpa sepengetahuan manusia buah ini bersifat sebagai antioksidan yang membantu organ dalam tubuh bekerja sebagaimana mestinya.

Semangka merupakan sumber antioksidan fenolik yang juga kaya akan karotenoid, likopen dan E-cucurbitacin (sebuah triterpen fitonutrisi anti-inflamasi dan asam amino, citrulline). Berikut ini nilai gizi yang terkandung dalam 100 gram buah semangka.

  • Kalori: Pada satu cangkir buah semangka yang dipotong-potong bentuk dadu hanya memberikan 46 kalori pada tubuh, sementara jumlah kalori per 100 gram nya hanyalah 30 kalori.
  • Mineral: Semangka menjadi salah satu sumber potassium terbanyak dibanding buah-buahan lain yang dapat membantu mengatur tekanan darah. Selain itu mineral lain yang terdapat dalam buah semangka adalah mangan, fungsinya untuk metabolisme dan membangun struktur tulang.
  • Vitamin: Buah semangka merupakan sumber vitamin B6 (phridoksin), vitamin B1 (tiamin) dan vitamin C yang secara keseluruhan akan menyuplai kebutuhan vitamin tubuh harian mencapai 19% atau 569 mg.
  • Karbohidrat: Semangka menyediakan sekitar 7,5 gram karbohidrat di setiap 100 gram buahnya. Semangka juga mengandung gula alami bernama fruktosa yang merupakan senyawa pencipta rasa manis pada daging buah.
  • Serat: Kandungan serat pada buah semangka sangat tepat untuk dikonsumsi ketika Anda berupaya menurunkan berat badan, karena suplai serat diet dari buah semangka mencapai 0,4 gram.
  • Likopen: Senyawa ini tersimpan banyak dalam buah semangka. Setiap 100 gram buah semangka segar terdapat 4.532 mg likopen yang jauh lebih tinggi dibanding jumlah 2.573 mg likopen dalam buah tomat.

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Semangka adalah salah satu buah meja yang digemari seluruh anggota keluarga. Kebiasaan makan buah semangka sehabis makan tanpa disadari membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini terjadi karena banyaknya kandungan yang terdapat dalam buah semangka.

Untuk mengenal lebih dekat tentang keistimewaan buah ini, berikut beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan.

Kesehatan Jantung

Semangka dinobatkan sebagai makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung. Dalam buah semangka terkandung tingginya kadar kalium dalam buah semangka yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mengetahui hal tersebut, tentu semangka menawarkan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner.

Mencegah Berbagai Jenis Kanker

Semangka merupakan sumber likopen yang lebih tinggi dibanding buah-buahan dan sayuran segar lain. Likopen ini merupakan antioksidan kuat yang mampu menetralkan radikal oksigean yang berfungsi lebih optimal daripada beta-karoten dan vitamin E.

Menetralkan Tekanan Darah Tinggi

Semangka mampu menormalkan tekanan darah tinggi pada orang gemuk dan setengah baya. Dengan kalium dalam semangka penyakit hipertensi bahkan stroke dapat dikurangi risiko terburuk mengalami peningkatan.

Membuat Tidur Nyenyak

Semangka juga membantu Anda tidur lebih pulas karena kandungan karbohidrat polisakarida di dalamnya dapat meningkatkan kadar seretonin. Terjadinya peningkatan kadar seretonin ketika tidur di malam hari membuat otak Anda tidak sensitif terhadap rangsangan yang mengganggu seperti suara, sehingga tidur Anda lebih berkualitas.

Apabila Anda ingin membuktikannya, sehabis makan malam konsumsi beberapa potong buah semangka kemudian tidur sebelum pukul 11:00 malam. Para peneliti juga mengatakan bahwa konsumsi buah semangka sebelum tidur dapat memperpanjang tahapan tidur nyenyak sebesar 27%.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Buah ini dapat melancarkan sistem peredaran darah. Hal ini dikaitkan dengan kandungan arginin dalam semangka yang dapat meningkatkan oksida nitrat, sehingga pembuluh darah bekerja lebih efektif untuk mengalirkan darah serta mengobati dan mencegah disfungsi ereksi.

Menurunkan Berat Badan

Rasa manis yang dihasilkan dari buah ini tidak akan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. Selain itu buah semangka tidak rendah kalori dan hampir tidak mengandung lemak ataupun kolesterol yang cenderung mengakibatkan berat badan meningkat.

Bahkan karena terjadinya peningkatan konsentrasi argini dalam darah sehabis konsumsi semangka dapat memberi keuntungan bagi Anda yang ingin memperoleh tubuh langsing dengan langkah menurunkan berat badan secara perlahan.

Meredakan Nyeri Otot

Mengonsumsi semangka sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit yang dihasilkan ketika mengalami nyeri di bagian otot. Hal ini menjadikan buah semangka sebagai makanan yang direkomendasikan kepada para atlet sehabis latihan keras. Kandungan citrulline dalam buah semangka akan dikonversi menjadi L-arginine, asam amino dan lemak esensial yang membantu mengurangi nyeri otot pasca-latihan sampai hari-hari berikutnya.

Diuretik Alami Untuk Penderita Gagal Jantung Kongestif

Semangka merpakan diuretik alami, yaitu obat yang memungkinkan ginjal untuk mengeluarkan urin lebih banyak, yang pada gilirannya akan membantu menghilangkan kelebihan cairan dalam tubuh. Obat diuretik sering diberikan pada pasien yang mengidap gagal jantung kongestif baik dalam bentuk larutan ataupun pil.

Khasiat Semangka Untuk Perawatan Kulit

Banyak klinik kecantikan yang menggunakan produk perawatan berbahan dasar semangka. Hal ini karena buah semangka sarat dengan vitamin yang tidak membahayakan semua jenis kulit serta sifatnya sebagai antioksidan dapat memberikan kontribusi untuk kesehatan kulit seperti berikut.

Membuat Kulit Tetap Sehat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, semangka merupakan buah yang menyegarkan karena di dalamnya sangat banyak mengandung air sehingga tubuh terhidrasi dengan baik.

Hal demikian membantu meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit tetap. Untuk menerapkannya Anda bisa mencoba ritual berikut:

  • Parut daging buah semangka dan jadikan jus.
  • Oleskan pada wajah dan biarkan 15 menit.
  • Kemudian bersihkan menggunakan air hangat terlebih dahulu, kemudian gunakan air dingin.

Mencegah Penuaan

Sebagai sumber antioksidan yang kuat seperti likopen, vitamin C dan vitamin A sudah semestinya membantu tubuh melawan radikal bebas. Dengan begitu masalah yang dapat menjadikan kulit keriput, timbul garis-garis halus disertai bintik-bintik akan terhindari.

Mengurangi Pengaruh Buruk Sinar Matahari

Minum dua cangkir jus semangka tiap hari dan juga mengoleskan jus semangka pada kulit Anda dapat mengurangi dampak negatif atau pengaruh buruk yang timbul akibat kulit terkena paparan cahaya matahari hingga 40%.

Mengatasi Kulit Wajah Beminyak

Vitamin A dalam buah semangka akan mengecilkan ukuran pori-pori pada wajah dan mengurangi produksi minyak berlebih dalam kelenjar sebaceous. Jika Anda ingin mencobanya, campurkan jus semangka dengan daun mint yang telah dihaluskan, kemudian masukkan dalam freezer lemari es sampai berbentuk sebongkah es batu. Setelah itu gosokkan pada wajah Anda, perawatan ini akan memperkecil ukuran pori-pori pada wajah sekaligus menenangkan kulit.

Mengobati Jerawat

Oleskan jus semangka ke seluruh kulit wajah menggunakan kapas, setelah itu diamkan 15 menit. Jika sudah bersihkan dengan air dingin terlebih dahulu, kemudian air dingin agar kotoran yang terangkat tidak masuk lagi.

Jika Anda tidak ingin repot, carilah produk perawatan wajah berjerawat dari bahan semangka dan madu atau yoghurt. Campuran kedua bahan tersebut dapat menghilangkan jerawat dan mencegahnya timbul kembali.

Semangka Selama Kehamilan

Banyak ibu hamil yang menanyakan

“apakah aman jika mengonsumsi semangka selama masa kehamilan?”

Tentunya, ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi lebih untuk dirinya dan janin yang dikandungnya. Dengan makan buah semangka akan memberikan hidrasi yang diperlukan dan mengurangi beberapa efek samping yang tidak nyaman ketika hamil.

Kandungan vitamin A, C dan B6, serta mineral seperti kalium dan magnesium dalam semangka sangat penting untuk pengembangan otak, saraf dan sistem kekebalan tubuh bayi dalam rahim. Di sisi lain, kalium akan mengatur keseimbangan cairan dalam darah dan jaringan tubuh selama kehamilan.

Memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil akan membantu meredakan rasa lelah saat hamil, mengurangi rasa mual dan morning sickness yang mungkin terjadi. Kombinasi antara kalium dan magnesium juga mampu mengurangi kram otot yang disebabkan oleh trimester ketiga kehamilan. Semangka dapat mengurangi risiko pengembangan preeklampsia selama kehamilan.

Kondisi tersebut dapat mengurangi dampak negatif yang cukup serius pada sang ibu dan bayi yang diakndungnya. Mengasup tubuh dengan likopen berlebih saat hamil akan mengurangi risiko bayi mengalami kelambatan tumbuh kembang dalam kandungan.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa buah semangka benar-benar aman dan sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat Buah Semangka Untuk Rambut

Beberapa vitamin dan mineral dalam buah semangka memberikan manfaat pula bagi kesehatan rambut, berikut beberapa diantaranya:

  • Mencegah rambut rontok.
  • Memperkuat rambut yang rapuh.
  • Mengatasi rambut kering menjadi tahan basah dalam waktu lama.
  • Menyuburkan dan mempercepat proses tumbuh rambut.
  • Pelembab yang tepat untuk rambut.

Demikian manfaat dari jus semangka yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, dan bagi ibu hamil tidak hanya itu saja jus semangka juga baik untuk kecantikan kulit dan rambut. Jangan ragu-ragu untuk konsumsi buah semangka dan memasukkan buah semangka kedalam menu harian anda. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya