Manfaat Jus Timun Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Share:

Manfaat Jus Timun Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Mentimun merupakan sayuran yang kaya serat dan mineral serta rendah lemak dan kalori ini dapat dijadikan pilihan untuk berbagai olahan makanan. Bukan hanya makanan saja, mentimun juga bisa dijadikan sebagai jus segar yang siap menemani Anda di siang yang panas. Jus mentimun ini banyak digemari. Mentimun banyak dgunakan sebagai campuran jus wortel atau jus brokoli untuk membuat jus semakin segar. Bukan hanya rasanya saja yang segar, manfaat jus mentimun untuk kesehatan tubuh cukup banyak.

Berikut Manfaat Jus Mentimun Bagi Tubuh

Menyuburkan rambut 

Jika Anda mempunyai masalah rambut rontok atau kebotakan, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi jus mentimun ini. Manfaat jus mentimun untuk rambut bisa menjadi alternatif mengatasi masalah anda, karena tumbuhan ini mengandung silica yang cukup banyak sangat membantu pertumbuhan rambut. Cara membuat jus mentimun ini sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan jus mentimun dengan wortel, bayam, dan selada. Dengan minum jus mentimun secara teratur, Anda akan memiliki rambut yang bagus dan bebas dari kerontokan serta tulang yang sehat.

Mengobati sakit gigi dan gusi

Serat pada mentimun sangat berguna untuk mengobati penyakit pada gigi dan gusi, khususnya penyakit pyorrhea atau penyakit radang gusi. Selain itu, jus mentimun dapat meningkatkan produksi air liur serta berfungsi menetralisasi asam dan basa di dalam rongga mulut sehingga gusi dan gigi dapat terhindar dari penyakit.

Memperbaiki Fungsi Saluran Cerna

Manfaat mentimun, khususnya olahan jusnya adalah mengatasi gangguan pencernaan seperti maag, mulas, dan gastritis. Selain itu, jika dikonsumsi setiap hari, serat pada jus mentimun juga diyakini dapat mengatasi sembelit. Perlancar sistem pencernaan Anda dengan konsumsi jus mentimun ini.

Menjaga Kulit Awet Muda

Biji pada mentimun sangat bermanfaat untuk membuat kulit wajah awet muda, lho. Maka dari itu, jika membuat jus mentimun, jangan buang bijinya. Pada biji mentimun terkandung vitamin E dan potassium yang berfungsi untuk mengurangi garis halus, keriput, dan noda hitam pada wajah.

Sebagai Anti Kanker

Mentimun mengandung lariciresol, pinoresol, dan secoisolariciresinol yang dimana dari ketiga kandungan tersebut sangat mempengaruhi resiko berkembangnya beberapa dari kanker antara lain kanker usus, kanker payudara, serta kanker ovarium , kanker rahim, dan kanker prostat.  Itu karena dari ketiga kandungan di atas jika mengkonsumsinya maka jika terdapat bakteri di dalam pencernaan maka akan di ubah menjadi enterolignans yang akan mengikat reseptor estrogen agar mengurangi penyakit yang berkaitan dengan kanker.

Melindungi Otak

Manfaat lain dari timun adalah dapat melindungi otak dari penurunan fungsi karena usia.  Karena didalam timun mengandung flavanol atau fisetin yang di mana dapat meningkatkan memori serta melindungi sel- sel syaraf. Dan dalam suatu penelitian juga menyatakan bahwa timun juga dapat melindungi tubuh dari terkena penyakit alzheimer.

Terhindar Dari Dehidrasi

Pada musim kemarau panjang ini sebaiknya anda banyak mengkonsumsi jus mentimun agar terhindar dari dehidrasi karena kepanasan. Karena didalam jus mentimun mengandung kadar air yang sangat tinggi sehingga jika kita mengkonsumsinya maka kita akan terhindar dari dehidrasi.

Dapat Mempertajam Penglihatan

Manfaat jus mentimun yang jarang diketahui yang lainnya adalah dapat mempertajam penglihatan. Kenapa seperti itu? itu semua dikarena di dalam mentimun mengandung  dengan Vitamin A, yang bahwa kita tahu akan manfaat  dari vitamin A dam menjaga kesehatan mata kita.

Manfaat Jus Timun Untuk Diet

Manfaat selanjutnya untuk jus timun yaitu dapat menurunkan berat badan. Karena mentimun mengandung 95% air dan juga kaya akan kandungan serat serta rendah kalori yang sangat efektif dalam membersihkan racun yang ada didalam tubuh, sehingga membuat sistem pencernaan menjadi baik dan bonusnya dapat menurunkan berat badan.

Ternyata jus mentimun tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh juga tapi untuk kecantikan dan untuk rambut. Mentimun juga banyak digunakan untuk perawatan kecantikan dan kosmetik. Semoga ulasan diatas bermanfaat Baca Juga: Manfaat Jus Alpukat: Mempercepat Penyerapan Nutrisi Sampai Menghambat Pertumbuhan Kanker. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya