Manfaat Jus Alpukat: Mempercepat Penyerapan Nutrisi Sampai Menghambat Pertumbuhan Kanker

Share:

Manfaat Jus Alpukat: Mempercepat Penyerapan Nutrisi Sampai Menghambat Pertumbuhan Kanker. Alpukat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebut Avokad yaitu turunan nama dari Bahasa Inggris: Avocado. Buah dari famili Lauraceae bergenus Persea ini mempunyai nama Latin Persea americana. Buah ini berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko, namun kini tidak sedikit yang membudidayakan sebagai tanaman perkebunan monokultur ataupun perkarangan rumah di kawasan tropis seperti Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Alpukat bisa dikatakan sebagai buah yang luarbiasa, buah yang baru bisa dipanen dalam usia 9 bulan ini selain lezat rasanya, ia juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Ada beberapa pendapat yang mengatakan jika makan alpukat itu buruk karena banyak mengandung lemak, namun sebenarnya tidak demikian. Bahkan dengan makan alpukat justru dapat membantu kita agar merasa kenyang lebih lama, sehingga baik untuk membantu mengontrol kelebihan berat badan.

Manfaat Buah Alpukat

Mempercepat Penyerapan Nutrisi

Nutrisi tertentu yang masuk ke tubuh dapat diserap lebih baik, cepat dan jauh lebih efektif bila dimakan berbarengan dengan buah alpukat.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan lutein dalam buah alpukat merupakan kadar lutein terbanyak dibanding buah-buahan lain yang sama-sama memiliki keistimewaan dalam menopang kesehatan manusia.

Lutein merupakan bagian dari karotenoid yang secara alami diproduksi di kloroplas dan chromoplasts tanaman. Lutein bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan daya penglihatan manusia. Penelitian juga menunjukkan bahwa tingginya kadar lutein dalam alpukat dapat mengecilkan risiko kelainan pada mata khususnya degenerasi makula dan katarak.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Dengan bantuan beberapa senyawa yang terkandung di dalamnya mampu menghambat sel kanker serta mencari sel kanker yang baru timbul dan begitu ditemukan langsung dihancurkan tanpa memberikan dampak buruk terhadap sel-sel kesehatan aktif lainnya.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Penyakit seperti Familial hypercholesterolemia (FH), Xanthomas dan gagal jantung adalah jenis penyakit yang akan menjangkiti seseorang jika kadar kolesterol jahat dalam tubuhnya melebihi jumlah HDL (kolesterol baik).

Sumber Glutathione Antioksidan

Glutathione atau disingkat GSH merupakan ibu dari segala jenis antioksidan. Sel-sel di dalam tubuh sangat menaruh harapan pada kinerja master antioxidant ini. Salah satu manfaat dari GSH merupakan anti-aging dengan cara meningkatkan kandungan kolagen dalam tubuh, terutama pada kulit, sehingga meminimalisir timbulnya kerutan pada wajah dan bagian tubuh lain.

Alpukat  merupakan salah satu buah dari deretan sumber utama glutathione. Nama lain yang hadir adalah asparagus, bayam, dan sayur brokoli. Semua buah dan sayur segar dapat meningkatkan kadar glutathione, khususnya sayuran seperti kubis, tauge, dan kubis. Anda juga bisa melakukan mixing nutrition untuk mendapatkan glutathione lebih maksimal. Misalnya, dengan menikmati makan malam dengan salad sayur, telur, dan jus alpukat.

Sangat Baik untuk Bayi dan Ibu Menyusui

Seperti yang kita ketahui bahwa daging alpukat begitu lunak sehingga balita-pun tidak kesulitan ketika mengonsumsinya.

Memberi asupan sehat sejak usia dini merupakan langkah tepat untuk menciptakan generasi penerus yang sehat dan cerdas. Sebagai orang tua, sudah pasti harus memikirkan masa depan anak. Oleh sebab itu, awali dengan pemilihan nutrisi sehat secara cermat, Berikan sang anak nutrisi sehat dari makanan yang nanti akan dijadikan kesukaannya, seperti buah alpukat.

Jangan terlalu ‘mencekoki’ dengan dalih agar suka, tetapi lakukan secara perlahan. Jika sang buah hati mulai jenuh mengonsumsi bubur alpukat, Anda bisa mencari resep membuat makanan sehat pendamping ASI berbahan dasar alpukat.

Mengandung Potassium

Potassium tergolong ke dalam mineral yang dimanfaatkan oleh saraf otonom pengontrol detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologis penting lain. Buah yang digadang-gadang mengandung potassium selama ini adalah buah pisang, tetapi fakta membuktikan bahwasanya alpukat ternyata lebih banyak mengandung potassium daripada pisang. Sekitar dua kali lipat (975 mg) lebih banyak kandungan potassium buah alpukat dibanding pisang.

Khasiat buah alpukat karena potassium tingginya antara lain:

  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Membantu mengurangi rasa nyeri otot akibat latihan atau olahraga, seperti lari jarak jauh dan fitness
  • Memelihara kestabilan cairan, elektrolit, dan asam basa di dalam tubuh

Baca Juga: Manfaat Jus Jeruk Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Tinggi Protein dan Lemak Tak Jenuh

Alpukat menyimpan sekitar empat gram protein pada satu buahnya. Angka tersebut bisa menyuplai kebutuhan protein harian tubuh manusia. Disamping itu, juga terdapat lemak baik yang bisa menggantikan makanan kesukaan Anda yang nyatanya banyak mengandung lemak jahat pemicu kolesterol dan penyakit. Anda bisa mengonsumsi alpukat sebagai pengganti protein hewani seperti telur setiap paginya.

Menjaga Kesehatan Mata

Lutein merupakan antioksidan alami yang dapat membantu memelihara kesehatan mata seiring bertambahnya usia. Sehingga perlu asupan lutein dari luar untuk pemenuhannya. Tetapi timbul kabar baik, bahwa alpukat menjadi solusi dari masalah ini. Anda bisa memperoleh lebih banyak lutein dari alpukat. Sekitar 81 mikrogram lutein tersimpan dalam satu ons buah alpukat.

Memelihara Berat Badan

Buah alpukat mampu mengontrol berat badan jadi sangat cocok bila anda memasukkan buah alpukat kedalam menu diet anda asalkan dalam penyajiaannya buah alpukat tidak ditambahkan gula dan susu yang malah akan menjadikan tubuh gemuk.

Demikian ulasan mengenai manfaat jus alpukat bagi tubuh. ternyata buah yang bisa dipanen setelah usia 9 bulan ini memiliki banyak manfaat terutama bagi anak-anak dalam proses pertumbuhan. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya