Profil Dan Biografi Boas Salosa Kapten Timnas Senior Indonesia Di Piala AFF 2016

Share:

Profil Dan Biografi Boas Salosa Kapten Timnas Senior Indonesia Di Piala AFF 2016. Dalam perjalanan Timnas Indonesia telah menapaki jalan yang terjal dalam kompetisi Piala AFF 2016 kali ini. Dimana Timnas Senior Indonesia yang di lapangan hijau dengan kapten Boas Salosa asal tim Persipura Jayapura, Papua. Dalam babak penyisian grub A di Piala AFF 2016 kali ini bisa dikatakan penyerang yang moncer dengan mencetak gol lawan Timnas Thailand dan Filipina. Dengan keseniorannya dilapangan hijau baik berseragam Persipura maupun sekarang dengan garuda didada, Boas Salosa tetap menjadi leader yang patut untuk dicontoh secara portofolio selama ini.

Dalam kesempatan kali ini kami memcoba untuk membongkar profil dan biografi pemain satu ini yang penuh dengan inspirasi bagi semua pemain sepakbola di tanah air Indonesia. Yang sekarang masih saja subur dalam mencetak golnya ketika di Persipura dan Timnas Senior Indonesia, maka peran Boas Salosa patut untukk kita perbincangkan dewasa ini.

Baca Juga : Profil Dan Biografi Stefano Lilipaly 

Pemain yang satu ini di kenal dengan sebutan Boas. Dengan sebutan nama Boas sebenarnya nama bergaya yang ia lebih senang digunakan di bagian belakang kostum kebanggaan Persipura Jayapura. Ketika bermain untuk tim nasional, dia menggunakan nama Boas juga, dengan nama keluarga Solossa yang pada umumnya salah dengan nama sebutan sebagai Salossa atau Salosa.

Sang kapten Timnas ini lahir di keluarga Solossa yaitu keluarga terkenal di Provinsi Papua Barat. Pamannya dengan nama Jaap Solossa adalah seorang Gubernur Papua sebelum dia meninggal pada tahun 2005 silam. Nama Boas lahir di sebuah keluarga yang suka sepak bola yang seperti pada umumnya keluarga pemain sepakbola lainnya. Dalam menjadi bungsu dari lima bersaudara. Hampir semua dari mereka adalah profesinya sebagai pemain profesional sepak bola, termasuk saudaranya Ortizan dan Nehemia Solossa.

Baca Juga : Jadwal Semifinal Piala AFF 2016

Karir Internasional Boaz Solossa Di Timnas Indonesia :

Untuk debut Internasional Boas dimulai ketika melawan Timnas Turmenistan di tahun 2004 dalam kualifikasi Piala Dunia 2006 dan akhirnya membawa Timnas Indonesia menang dengan skor yang telak 3-1. Dan Boas sendiri membuat dua assist untuk rekan setimnya yaitu Ilham Jaya Kesuma. Boaz waktu itu dianggap sangat potensial di sepakbola Indonesia setelah bermain dengan bagusnya di Piala Tiger 2004 yaitu dimana Timnas Indonesia di kalahkan oleh Timnas Singapura di kandang dan tandang yang alkhirnya dengan skor agregat 5-2 untuk kemenangan Tiumnas Singapura. Dan pada pertandingan fase grup dimana Boaz berhasil mencetak empat gol dan bersama dengan Ilham Jaya Kesuma yang mencetak  tujuh gol, sehingga membuat keduanya memimpin menjadi sang top skor.

Baca Juga : Semifinal Piala AFF 2016 Timnas Indonesia Tanpa Yanto-Fachrudin

Perlu diketahui bahwa, pada tanggal 08 Oktober 2010, Timnas Indonesia bertanding melawan Timnas Uruguay yaitu dalam pertandingan persahabatan. Pemain satu ini yang di turunkan sebagai pemain inti dan dapat mencetak gol dengan cepat pada menit ke-14 setelah mendapat umpan dari sang kapten waktu itu Bambang Pamungkas. Meskipun Timnas Indonsesia yang akhirnya harus mengakui keunggulan Uruguay dengan skor sangat telak yaitu 1 – 7. Timnas Uruguay waktu itu tampil dengan skuad terbaik dan dapat menciptakan hattrick oleh Edinson Cavani, Luis Suarez dan satu gol dari Sebastian Eguren.

Pada tanggal 23 Maret 2013 Boaz kembali di panggil untuk membela Timnas melawan Timnas Arab Saudi dalam ajang Kualifikasi Piala Asia AFC 2015. Dlaam laganya Boaz kembali mencetak gol cepat pada menit ke-5 dan memberikan keunggulan sementara 1-0 untuk Timnas Indonesia meskipun akhirnya harus mengakui keunggulan dengan skor 1-2 untuk Timnas Arab Saudi.

Dan Inilah Prestasi Yang Di Raih Oleh Boas Salosa :

Secara Individu :

  1. Pencetak gol terbanyak bersama Tim PON Papua tahun 2004 dengan 10 golnya.
  2. Pencetak gol terbanyak ISL bersama klub Persipura jayapura di musim 2008 – 2009 dengan torehan 28 gol, musim 2010/11 dengan raihan 22 gol dan musim 2013 dengan mencetak 25 gol.
  3. Pemain terbaik Indonesia Super League musim 2009 – 2010, musim 2010/11 dan musim 2013.

Bersama Klub :

  1. Juara Liga Indonesia 2005 bersama Persipura Jyapura.
  2. Juara Indonesia Super League 2008 – 2009 bersama Persipura Jayapura.
  3. Juara Community Shield Indonesia 2009 bersama Persipura Jayapura.
  4. Juara Indonesia Super League 2010 – 2011.
  5. Juara SCTV Cup 2011.
  6. Juara Inter Island Cup 2011.
  7. Juara Indonesia Super League 2013.

Simak Juga : Klasemen Dan Jadwal Lengkap ISC/TSC 2016 Pekan Ke-31

Demikianlah profil dan bioagrafi sang kapten Timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF 2016. Yang mana mungkin belum dapat memberikan secara komplit tentang pemain yang mempunyai portofolio seabrek didunia bola dewasa ini. Semoga dalam menjadi penyerang dan sang kapten dalam ajang bergengsi Piala AFF 2016 dapat membuahkan hasil yang luar biasa dan Timnas Indonesia Menjadi juaranya. [Om_brew-WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya