Mata Belekan – Cara Mengatasi Dan Pengobatan

Share:

Mata Belekan – Cara Mengatasi Dan Pengobatan. Obat sakit mata belekan sudah banyak dicari-cari oleh banyak orang. Pasalnya sakit mata bukanlah hal yang aneh lagi di kehidupan kita sehari-hari. Sakit mata belekan adalah sakit mata yang biasanya juga diikuti oleh mata merah, perasaan gatal dan lengket pada bagian mata. Hampir semua orang dari kecil hingga dewasa pernah mengalami penyakit ini. Maka banyak orang yang mencari obat sakit mata belekan.

Belekan adalah suatu fenomena dimana mata mengeluarkan lendir atau mukus yang berlebihan akibat adanya infeksi atau radang pada mata. Biasanya belekan disebabkan oleh lendir yang sifatnya kental dan banyak keluar pada malam hari sehingga penderita akan sulit membuka mata pada pagi harinya. Karena mengganggu, maka banyak masyarakat yang mencari tahu mengenai obat sakit mata belekan.

Tips Mengatasi dan Beberapa Obat Sakit Mata Belekan

Obat sakit mata belekan sebenarnya tergantung dari penyebab sakit mata belekan. Terdapat bermacam-macam penyebab saat seseorang terkena mata belekan. Selain itu mata belekan dapat menular ke orang lain dari kontak langsung. Untuk mengatasi mata belekan ada beberapa alternative diantaranya:

Kompres Mata

Kompres mata merupakan obat sakit mata belekan paling mudah yang dapat dilakukan. Untuk melakukan kompres pada mata, pakailah air hangat yang bersih serta kain yang bersih pula. Letakkan kain basah hangat yang sudah diperas di mata yang belekan. Biasanya, cara ini ampuh untuk mengurangi bengkak dan ‘mengencerkan’ belek yang beku yang berasal dari kelopak mata yang bengkak. Namun secara umum cara ini dapat dipakai untuk mengatasi semua jenis belekan. Tapi perlu diingat cara ini tidak membunuh kuman penyebab, namun hanya menghilangkan gejala dan mengencerkan belek yang menumpuk pada kelopak mata.

Hindari Hal yang Menimbulkan Reaksi Alergi Pada Mata

Salah satu penyebab mata belekan ialah reaksi alergi pada mata Anda. Biasanya, belekan yang muncul pada penyakit mata yang alergi tidak sekental dan warnanya tidak sekuning atau sehijau mata belekan yang disebabkan oleh infeksi kuman. Obat sakit mata belekan akibat alergi yang paling baik ialah dengan menghindari zat atau hal yang membuat mata Anda alergi. Hal yang membuat mata alergi (allergen) dapat berasal dari mana saja, misalnya debu, alat atau zat dari make up, sabun, bedak, dan lainnya. Perhatikan pola kapan mata Anda menjadi gatal dan berair untuk membantu Anda menemukan penyebab alergi pada mata Anda.

Jangan Menggaruk Mata Anda

Menyentuh dan menggaruk (mengucek) mata yang sedang belekan sangatlah tidak disarankan. Mengapa? Penyebab nomor satu mata belekan yaitu karena adanya infeksi pada mata Anda. Bila Anda menyentuh mata Anda, maka sangat mungkin sekali kuman dari satu mata akan berpindah ke mata lainnya. Menyentuh dan menggosok mata yang sedang belekan pun dapat memperparah proses infeksi pada mata yang sedang tersebut. Bila Anda ingin membersihkan mata Anda dari belek, lakukan dengan menggunakan kain yang dicelupkan ke air panas. Tempelkan pada mata Anda, sambil digosok dengan lembut, lalu cuci kain tersebut.

Jangan Memakai Obat Tetes Mata Terlalu Sering

Memakai obat tetes mata dapat menyembuhkan mata belekan atau mata merah. Namun, beberapa obat tertentu tidak boleh dipakai terlalu sering tanpa tujuan yang jelas. Pemakaian obat tetes mata yang boleh dipakai terus menerus hanyalah yang mengandung air mata buatan saja. Hindari membeli obat mata yang mengandung antibiotik, ‘pemutih mata merah’ dan kortikosteroid tanpa resep dokter. Jangan juga memakai obat tersebut dalam jangka waktu yang lama tanpa resep dokter selain itu satu botol obat tetes mata hanya diperuntukkan bagi satu orang jadi berbagi tetes mata dengan orang lain tidak disarankan. Hal tersebut dapat menyebabkan mata radang dalam jangka panjang dan bahkan sampai menimbulkan kebutaan bila dipakai dalam jangka waktu yang lama tanpa tujuan yang jelas.

Berikut ulasan mengenai mata belekan, memang penyebab terjadinya mata belekan setiap orang berbeda-beda tapi rasa dan dampak yang ditimbulkan kadang sama. Untuk itu selalu jaga mata anda, hindari kontak langsung dengan orang yang terkena belek selain itu cuci tangan setelah beraktifitas. Semoga ulasan diatas bermanfaat.[YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya