8 Macam Penyakit Perut: Sembelit, Batu Ginjal Sampai Batu Empedu

Share:

8 Macam Penyakit Perut: Sembelit, Batu Ginjal Sampai Batu Empedu. Aktifitas sehari-hari, tentu sangat nikmat dilakukan dalam keadaan sehat. Namun, siapa pula yang dapat menahan datangnya penyakit, kecuali mencegahnya. Dan salah satunya yang akrab dengan keseharian kita adalah sakit perut. Biarpun terdengar tidak berbahaya, namun jangan pernah remehkan sakit perut, karena ternyata segala penyakit berawal dan berhubungan dengan perut. berikut macam sakit perut beserta penyebab dan cara mengatasinya

Disentri, Tanda Dan Gejalanya

Disentri merupakan penyakit diare dengan gejala buang air besar encer atau mencret yang disertai dengan darah dan lendir akibat proses infeksi bakteri atau parasit pada saluran pencernaan. Lebih detilnya, penyakit disentri diartikan sebagai istilah medis yang digunakan untuk sekumpulan gejala yang terdiri dari diare berdarah, lendir pada tinja, dan rasa nyeri pada saat mengeluarkan tinja.

Baca Selengkapnya: Disentri: Gejala, Penyebab Dan Pencegahan

Sembelit, Menu Makanan Untuk Sembelit Dan Cara Mengatasi

Sembelit merupakan salah satu masalah yang sering kali terjadi pada bayi berhubungan dengan masalah gangguan pencernaan, ditandai dengan susah buang air besar. Kondisi ini sering kali membuat bayi tidak nyaman, menangis histeris bahkan kesakitan ketika buang air besar. Tentu saja kondisi ini akan membuat orang tua serba salah, khawatir dan juga panik. Mengapa pada usia bayi yang baru saja diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI)dapat terjadi sembelit? Sembelit atau konstsipasi merupakan keadaan umum ditandai dengan kondisi dimana feses bayi abnormal, teksturnya lebih keras dari biasanya.

Baca Selengkapnya: Tips Atasi Sembelit Pada Bayi

Batu Ginjal, Cara Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal

Batu ginjal disebut juga kidney stone(s) atau nephrolithiasis merupakan massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi.

Baca Selengkapnya: Tips Mencegah Batu Ginjal Dengan Makanan

Kolera, Gejala Umum

Kolera merupakan penyakit infeksi akut yang disebabkan karena mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi dengan bakteri vibrio cholerae (v. cholerae). Kolera menjadi masalah kesehatan bagi penduduk di negara-negara berkembang di dunia, terutama di Afrika, Asia Selatan dan Amerika Latin. Dikarena pola kesehatan masyarakatnya masih rendah.

Baca Selengkapnya: Kolera: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Usus Buntu, Gejala Awal

Penyakit usus buntu terjadi ketika usus buntu mengalami peradangan, atau dalam istilah medis disebut Apendisitis. Usus buntu sediri merupakan bagian usus normal yang memiliki bentuk seperti cacing sehingga disebut juga dengan umbai cacing. Nama usus buntu sendiri merupakan istilah yang menggambarkan bahwa usus itu memang memiliki ujung yang buntu, tidak seperti usus lainnya yang ujungnya berlubang sampai anus.

Baca Selengkapnya: Ciri Ciri dan Gejala Penyakit Radang Usus Buntu

Batu Empedu, Gejala Utama

Batu empedu adalah deposito cairan empedu yang mengeras atau membatu yang terbentuk dalam kantong empedu. Kantong atau Kandung empedu (gallbladder) merupakan organ kecil berbentuk seperti buah pir yang terletak di perut bagian kanan, tepat di bawah hati. Secara normal, kantong empedu memiliki cairan pencernaan yang disebut empedu untuk dilepaskan ke usus kecil. Namun ketika cairan itu membatu maka proses normal akan terganggu sehingga muncullah gejala batu empedu atau penyakit batu empedu yang akan kita pelajari lebih lanjut nanti.

Baca Selengkapnya: Batu Empedu. Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Diare, Penyebab Dan Pengobatan

Pengertian diare merupakan proses buang air besar dengan konsistensi cair (mencret) sebanyak 3 kali atau lebih dalam satu hari (24 jam). Ingat, dua kriteria penting harus ada yaitu BAB cair dan sering, jadi misalnya buang air besar sehari tiga kali tapi tidak cair, maka tidak bisa disebut diare. Begitu juga apabila buang air besar dengan tinja cair tapi tidak sampai tiga kali dalam sehari, maka itu bukan penyakit diare.

Baca Selengkapnya: Diare dan Pencegahannya

GEA, Penyebab Dan Cara Penularan

Penyakit GEA kepanjangan Gastroenteritis Acute Penyakit ini sering disebut diare atau mencret. Padahal mencret hanyalah salah satu dari kumpulan gejala gastroenteritis Acute. GEA atau yang disebut muntaber merupakan infeksi yang terjadi pada saluran  pencernaan yaitu didaerah lambung atau perut. Biasanya disebabkan oleh virus atau sedikit enterobacteria agresif. Jika dilihat dari golongan umur dan frekuensinya, belum tentu juga semua mencret bisa disebut diare.

Baca Selengkapnya: GEA Atau Muntaber – Pengertian, Cara Penularan, Penyebab, Penanganan Dan Pencegahan

Demikian tadi ulasan mengenai berbagai macam penyakit perut. meskipun rasa yang kita rasakan hampir sama, namun belum tentu penyakit yang diderita sama pula. untuk lebih baiknya segera berkonsultasi dengan dokter anda. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya