7 Info Kesehatan Anak dan Balita: Makanan Organik, Manfaat Berenang hingga Imunisasi

Share:

7 Info Kesehatan Anak dan Balita: Makanan Organik, Manfaat Berenang hingga Imunisasi. Sebagai orang tua tentu Anda mengharapkan anak dan balita Anda dalam keadaan sehat selalu. Untuk itu sudah sewajarnya jika orang tua selalu memberikan yang terbaik demi buah hatinya.

Kali ini tim redaksi dan editorial Wartasolo.com akan membagikan rangkuman informasi kesehatan khususnya terkait dengan masalah kesehatan bayi (balita) dan anak-anak yang kami sadur dari berbagai sumber, Kamis (24/11/2016).

Mengenal Ruam Popok, Ciri-ciri, Penyebab, dan Pencegahannya

Ruam popok merupakan radang/infeksi kulit di sekitar area popok seperti paha dan pantat pada bayi, yang umumnya disebabkan terpaparnya kulit bayi pada zat amonia yang terkandung dalam urin atau feses bayi dalam jangka waktu lama. Area popok pada bayi tak dapat dihindari akan bersentuhan dengan sedikit bakteri pada basis tertentu. Bahkan mengganti dan membersihkan secara teratur kadang masih bisa gagal mengangkat bakteri-bakteri tersebut sehingga pada akhirnya mengakibatkan ruam popok pada bayi.

SELENGKAPNYA: Mengenal Ruam Popok, Ciri-ciri, Penyebab, dan Pencegahannya

Bubur Bayi Untuk Usia 6 Bulan Keatas Sehat dan Praktis

Memiliki anak sehat adalah dambaan setiap orang tua. Anak sehat tidak lepas dari makanan sehat pula. Untuk menghindari makanan yang mengandung bahan pengawet seorang ibu harus pintar berkreasi membuat makanan untuk sikecil berikut rekomendasi aneka bubur yang sangat bergizi dan kaya akan nutrisi dan sangat mudah dalam pembuatannya.

SELENGKAPNYA: Bubur Bayi Untuk Usia 6 Bulan Keatas

Waspadai Benturan Pada Kepala Sikecil

Di saat anak sudah memasuki usia 1 tahun saat itulah anak sudah mulai bergerak dengan aktif dan lincah, sering kali anak terjatuh atau mengalami benturan dengan cukup kencang. Benturan seperti apa yang patut dikhawatirkan orang tua hingga perlu dibawa ke dokter?

SELENGKAPNYA: Waspadai Benturan Pada Kepala Sikecil

Imunisasi dan Efeknya Terhadap Anak

Ada beberapa isu yang sering dipercaya oleh orangtua terhadap imunisasi atau vaksin, sehingga orangtua cenderung untuk tidak melakukannya sesuai jadwal yang telah ditentukan. Ditambah lagi belakangan banyak beredar informasi tentang vaksin palsu dan mengharuskan anak yang sudah divaksin dengan vaksin palsu harus menjalani proses vaksinasi ulang. Sebelumnya orangtua harus memahami lebih jauh mengenai vaksin dan efek sampingnya sebelum mengambil keputusan untuk tidak memberikan vaksin yang diperlukan anak berdasarkan isu-isu dan ketakutan-ketakutan yang tidak beralasan yang nantinya akan membahayakan nyawa anak.

SELENGKAPNYA: Pentingnya Imunisasi dan Efek Imunisasi Terhadap Anak

Makanan Organik Untuk Si Buah Hati Beserta Manfaatnya

Setelah anak berusia 6 bulan, sudah saatnya Bunda mengenalkan sang bayi dengan makanan selain ASI atau biasa disebut MPASI. MPASI atau makanan pendamping ASI adalah makanan atau minuman selain ASI yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan sang bayi agar tumbuh kembangnya semakin optimal. Patut diingat bahwa peran MPASI bukan sebagai pengganti ASI tapi untuk melengkapi ASI.
Tapi pada praktiknya, bagi orangtua baru memiliki bayi akan kesulitan memilih makanan yang benar-benar sehat. Karena kenyataannya, banyak sekali makanan yang dijual ternyata mengandung zat pestisida yang berdampak buruk pada kesehatan sang bayi kelak. Beruntung sekarang mudah menemukan bahan makanan organik di supermarket-supermarket khusus. Makanan organik adalah makanan yang diproduksi menggunakan metode yang tidak melibatkan pestisida atau pupuk kimia. Pada intinya, makanan organik dikembangkan atau diproduksi secara alami, tanpa rekayasa genetika, tanpa hormon pertumbuhan, tanpa antibiotik, dan tanpa vaksinasi.

SELENGKAPNYA: Makanan Organik Untuk Si Buah Hati

Berenang Dan Manfaatnya Bagi Perkembangan dan Kecerdasan Bayi

Berenang merupakan sebuah kegiatan yang popular, dimana semua kalangan bisa melakukannya mulai dari bayi sampai lansia, karena berenang memberikan efek rileks bagi yang melakukannya. Bagi bayi sendiri, berenang merupakan olah raga yang menggunakan hampir seluruh bagian otot yang ada pada tubuh mereka. Olah raga ini cocok bagi semua usia, dari bayi hingga lansia, karena berenang memberikan pengaruh rasa nyaman bagi yang melakukannya. Sudah lama berenang banyak digemari mulai tahun 2000 SM (tahun 1538) berenang sudah dikenal semenjak zaman mesir, kala itu saat zaman batu sura. Seorang professor Jerman bernama Nicolas Wynman mencatat bahwa perlombaan berenang di eropa sudai mulai digemari mulai tahun 1800-an. Saat itu beberapa gaya berenang sendiri telah popular, seperti gaya dada dan gaya merangkak kedepan.

SELENGKAPNYA: Manfaat Berenang Bagi Perkembangan dan Kecerdasan Bayi

Mengenal Anak Hiperaktif dan Cara Mengatasinya

Kita mungkin pernah mendengar istilah hiperaktif,anak hiperaktif berbeda dengan anak aktif. Kita sebagai orang tua harus bias membedakan antara anak hiperaktif dan anak aktif. Apabila dilihat sekilas memang tampak kemiripan antara anak hiperaktif dan anak aktif. hiperaktif ini merupakan salah satu gangguan psikis (tingkah laku) yang juga berpengaruh pada fisik anak. Dari salah satu sumber bahwa sekitar 4-5 % anak-anak usia sekolah memiliki perilaku hiperaktif. Tetapi kita seringkali tidak dapat membedakan secara konkrit antara anak yang memang memiliki kelebihan energi (anak aktif) dan anak yang mengalami hiperaktif, kitapun sering memberikan cap/ lebel seorang anak yang hiperaktif sebagai anak yang nakal, bandel, dan sulit diatasi, padahal kita belum tahu dan mengerti apa sebenarnya hiperaktif itu, bagaimana ciri-ciri anak hiperaktif, faktor apa saja yang menjadi penyebab hiperaktif, masalah apa yang dihadapi anak hiperaktif dalam kehidupannya sehari-hari, dan bagaimana cara mengatasinya?

SELENGKAPNYA: Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Demikianlah kumpulan rangkuman tautan yang berisi informasi kesehatan seputar anak dan balita. Semoga bermanfaat untuk Anda para orang tua. BACA JUGA: 10 Macam Buah Dan Sayur Berwarna Merah Beserta Khasiatnya. [Nailah Azka – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya