7 Manfaat Minyak Kayu Putih (Cajeput Essential Oil) Paling Ampuh

Share:

7 Manfaat Minyak Kayu Putih (Cajeput Essential Oil) Paling Ampuh.  Kayu putih adalah salah satu pohon yang bisa dengan mudah di jumpai di Indonesia. Dari tanaman tersebutlah nantinya kita mengenal sesuatu yang bernama minyak kayu putih yang biasa kita pakai. Karena pada dasarnya minyak tersebut berasal dari penyulingan daun tanaman tersebut. Minyak kayu putih tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, mulai dari memberikan kehangatan bagi tubuh, kemudian juga dapat mengatasi gigitan serangga dan sejenisnya. Tanaman yang masih satu keluarga dengan jenis jambu-jambuan ini cukup banyak dibudidayakan di Indonesia.

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

Kandungan yang ada di dalam pohon kayu putih tersebut ternyata sangat banyak. Diantaranya ialah antibakteri, dekongelstan, ekspektoran anelgesik dan masih banyak lagi. Tak heran jika manfaat yang diberikan oleh hasilnya juga sangat banyak. Jika Anda ingin melihat lebih jauh mengenai manfaat dari tanaman tersebut berikut ini ulasannya:

Sebagai aroma terapi

Selama ini kita cukup mengenal bahwa bau yang ditimbulkan dari bahan tersebut tergolong sangat menenangkan. Beberapa orang bahkan lebih senang menggunakannya dibandingkan dengan parfum atau menggunakan balsam untuk menghangatkan tubuh. Selain karena menenangkan juga karena aroma terapi ini memiliki salah satu khasiat yaitu antibakteri dan antimikroba. Tak hanya sebagai minyak namun beberapa juga memanfaatkannya sebagai bahan sabun.

Dapat mengatasi masalah pada perut

Rasa kembung atau sakit perut yang disebabkan oleh mual atau terlalu banyak makan bisa diatasi menggunakan minyak kayu putih. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan minyak kayu putih pada bagian yang sakit.

Meredakan pusing atau sakit kepala

Sakit kepala bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari rasa mual kemudian juga terjadi akibat mencium bau-bauan yang kurang enak. Kayu putih bisa Anda manfaatkan untuk kepentingan tersebut. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan pada bagian pinggir kepala atau juga menghirup aromanya. Maka secara efektif dapat menekan dan menenangkan syaraf, rasa pusing secara bertahap juga akan mereda.

Dapat mengatasi demam

Demam utamanya ditandai dengan rasa menggigil di seluruh tubuh namun dalam kenyataannya suhu tubuh justru akan meningkat. Jika Anda mengalami hal ini, coba usapkan minyak kayu putih pada seluruh tubuh maka kondisi akan jauh lebih membaik.

Mengobati sakit gigi

Minyak kayu putih bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi, khususnya yang disebabkan karena gigi berlubang. Cara mengatasinya juga cukup mudah yaitu dengan menggunakan minyak kayu putih yang dicampur dengan tumbukan kunyit. Oleskan campuran tersebut pada bagian gigi yang sakit. Secara efektif rasa sakit perlahan akan mereda.

Mengatasi distress pernapasan

Masalah pernapasan umum disebabkan karena berbagai macam hal mulai dari keadaan suhu udara yang terlalu dingin, batuk, flu kemudian juga infeksi pada saluran pernapasan hingga alergi, jika sudah seperti ini harus mendapatkan perhatian yang khusus, salah satunya bisa mengatasi menggunakan aroma yang ditawarkan oleh minyak kayu putih.

Dapat meringankan nyeri dan pegal-pegal

Hal umum yang biasa terjadi karena terlalu banyak melakukan aktivitas antara lain pegal pada beberapa bagian tubuh tertentu, baik itu punggung kaki, tangan atau yang lainnya. namun jangan khawatir karena dengan minyak kayu putih hal-hal tersebut bisa diatasi, cukup ambil atau tuang beberapa dan pijatkan pada bagian yang sakit secara perlahan.

Ternyata manfaat dari kayu putih bagi kesehatan cukup banyak. Kita bisa menggunakan kayu putih yang disuling langsung atau membelinya ditoko obat. Karena manfaatnya yang luar biasa minyak kayu putih banyak digunakan masyarakat. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya