TOP 8 Macam Rempah-rempah Beserta Manfaat

Share:

TOP 8 Macam Rempah-rempah Beserta Manfaat. Rempah-rempah biasa digunakan untuk bumbu masakan atau sebagai jamu tradisional. rempah-rempah memang sudah diyakini sejak dahuu memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan maupun kecantikan. tidak heran bila masyarakat menggunakan rempah-rempah sebagai obat penyembuh penyakit seperti biang keringat, influenza dan masih banyak lagi. rempah-rempah juga tidak mengandung bahan kimia. berikut rempah rempah yang biasa digunakan masyarakat untuk kesehatan dan kecantikan

Cengkeh, Manfaat Dan Cara Membuat

sebagai pemahaman bagi kita cengkeh adalah salah satu tanaman rempah-rempah yang asli Indonesia yang sangat dibutuhkan terutama sebagai bumbu masakan, tidak hanya di Indonesia, akan tetapi nyaris di seluruh negara-negara di dunia. Salah satu kekayaan tanah air Indonesia yang hanya dapat tumbuh subur di iklim tropis ini menyimpan begitu banyak manfaat untuk kesehatan. Yang mempunyai aroma khas yang dimiliki oleh cengkeh adalah hasil dari senyawa eugenol yang memiliki kadar kandungan 72 hingga 90 persen sebagai senyawa utama penyusun kandungan minyak atsiri di dalam cengkeh itu sendiri.

Baca Selengkapnya: Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Jintan Hitam, Penghilang Analgesik Dan Anti Inflamasi

Manfaat utuk jintan hitam sejak zaman dulu dipercaya memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Nama lainnya dari herbal ini adalah Habbatussauda atau kita kenal sebagai jintan hitam. Bagi umat muslim, penggunaan jintan hitam ini sudah dianjurkan oleh Nabi Muhammad. Yaitu lebih dari 2000 tahun Negara timur tengah menggunakan jintan hitam sebagai sebuah media pengobatan. Yang mana dalam bidang akademis tentang jintan hitam sudah diteliti dan membenarkan bahwa khasiat jintan hitam adalah luar biasa.

Baca Selengkapnya: Inilah Manfaat Jintan Hitam Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Kayu Manis, Mampu Mengobati Penyakit Alzaimer

Perlu diketahui bahwa manfaat kayu manis telah digunakan sebagai rempah bumbu dalam masakan. Rempah ini memang sangat unik karena mempergunakan bagian kulit dari batang pohon kayu manis tersebut. Berbagai macam kuliner Indonesia banyak menggunakan kayu manis untuk bumbu masakannya seperti semur daging dll. Pohon kayu manis banyak terdapat pada wilayah Indonesia tepatnya dipulau Sumatera. Rempah-rempahan sepertinya selain sebagai bumbu masakan seperti manfaat kemiri juga bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit untuk tubuh kita.

Baca Selengkapnya: Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Dan Mengobati Alzaimer

Kapulaga, Baik Untuk Jantung Dan Kolesterol

Manfaat kapulaga sudah terkenal diberbagai negara seperti India dan arab, kapulaga sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan mencegah kanker. Tanaman kapulaga merupakan sejenis rempah-rempah yang berasal dari negara India. Biasanya masyarakat India menggunakan kapulaga sebagai bumbu dalam berbagai jenis masakan yang ada di India. Manfaat lain dari kapulaga selain sebagai bumbu dapur, rempah-rempah ini juga telah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic sebagai pengobatan untuk sariawan, masalah pencernaan, dan bahkan depresi. Beberapa manfaat kesehatan rempah-rempah ini sekarang membuatnya banyak digunakan dalam study modern dewasa ini.

Baca Selengkapnya: Khasiat Kapulaga Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Biji Pala, Menghilangkan Insomnia Dan Melancarkan Pencernaan

Ibu rumah tangga tentu tahu dengan buah pala. Biji pala merupakan salah satu rempah untuk memasak gulai, sayur, asam dan lain sebagainya, tergantung resep masakannya. Biji pala mempunyai aroma yang sangat khas, pala memberikan kehangatan bagi tubuh apabila kita mengkonsumsinya.

Baca Selengkapnya: Manfaat Biji Pala Untuk Kesehatan

Kulit Kayu Secang, Menghilangkan Biang Keringat

Kulit Kayu Secang atau beberapa daerah menyebutnya Sepang adalah tanaman yang di golongkan dalam suku polong-polongan yang sering dimanfaatkan kulit kayunya untuk perdagangan rempah-rempah. Tanaman yang bernama latin (Caesalpinia sappan L) memiliki banyak sekali manfaat antara lain untuk kerajinan (batang kayunya), zat pewarna (makanan, tekstil), campuran wedang atau minuman dan untuk obat-obatan.

Baca Selengkapnya: Manfaat Kulit Kayu Secang Untuk Kulit Bayi

Lengkuas, Mampu Menurunkan Demam Dan Mengurangi Resiko Kanker

Lengkuas digunakan secara luas oleh masyarakat Indonesia sebagai bumbu dasar berbagai macam kuliner nusantara. Seperti, bumbu pelengkap untuk olahan daging, sayuran dan ikan. Lengkuas merupakan tanaman rempah-rempah yang termasuk dalam genus alpina. Tanaman yang berasal dari thailand ini di daerah timur tengah dijadikan sebagai ramuan obat herbal.

Baca Selengkapnya: Manfaat Lengkuas Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Biji Ketumbar, Kandungan Dan Manfaatnya

Manfaat biji ketumbar selain sebagai bumbu masakan, juga menyimpan khasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah mengobati keputihan. Ketumbar merupakan tumbuhan rempah-rempahan yang sangat popular. Tumbuhan yang memiliki nama latin Coriandrum sativum ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia. Dalam bahasa Inggris ketumbar dikenal dengan sebutan coriander dan di Amerika Latin dikenal dengan sebutan cilantro. Ketumbar yang kecil banyak diperdagangkan dalam bentuk serbuk atau dalam biji. Bentuk ketumbar kecil seperti lada dengan diameter 1-2 mm. Dikenal juga dengan nama fructus coriandri.

Baca Selengkapnya: Atasi Keputihan Dengan Biji Ketumbar

Ulasan diatas merupakan manfaat rempah-rempah yang bisa kita gunakan untuk mengatasi berbagai penyakit. Selain aman untuk dikonsumsi juga tanpa efek samping karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya