5 Masalah Yang Paling Sering Dialami Ibu Pasca Persalinan

Share:

5 Masalah Yang Paling Sering Dialami Ibu Pasca Persalinan. Usia masa kehamilan yang panjang dan proses melahirkan yang berat, perjuangan seorang ibu tak lantas berhenti disitu. Kadang masih ada beberapa masalah kesehatan yang muncul pasca persalinan sehingga Moms perlu perhatian khusus untuk mengatasinya. Berikut berbagai masalah yang sering dihadapi pasca persalinan

  1. Luka Jahitan Pada Miss V

Setelah melahirkan secara normal, vagina akan terasa nyeri akibat robekan.  Baik robekan secara normal maupun robekan yang disebabkan oleh sayatan (pengguntingan) untuk memperlebar jalan lahir. Selama beberapa minggu rasa nyeri ini akan terasa saat melakukan aktivitas seperti berjalan ataupun duduk. Pemulihan luka robekan di vagina ini membutuhkan proses yang cukup lama.

Baca Selengkapnya: Cara Merawat Vagina Setelah Melahirkan

2. Kaki Bengkak

Kaki bengkak ini ternyata tidak saja terjadi pada wanita yang sedang hamil melainkan dapat menetap hingga anda melahirkan sang buah hati. Dalam istilah medis, kondisi kaki bengkak yang tetap terjadi setelah seorang wanita melahirkan ini disebut dengan edema post partum.

Baca Selengkapnya: Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan

3. Radang Payudara

Menyusui ASI (Air Susu Ibu) pada bayi sejak ia lahir sangat besar manfaatnya. Apalagi bagi ibu yang bisa IMD (Inisiasi Menyusui Dini) pada buah hatinya, kolesum yang diberikan pada saat pertamakali kepada si buah hati sangat bagus untuk ketahanan tubuh si buah hati. maka dari itu sangat disarankan untuk ibu memberikan ASI secara eksklusif untuk anaknya selama 6 bulan pertama. ASI merupakan sumber gizi utama yang mudah di cerna bagi bayi, karena protein ASI lebih mudah diserap tubuh bayi dibandingkan dengan protein susu formula, sehingga pertumbuhan dan perkembangan bayi dapat berlangsung lebih optimal. Selain itu zat-zat yang terkandung dalam ASI juga dapat meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh bayi, sehingga bayi tidak mudah sakit.

Baca Selengkapnya: Tips Mengatasi Radang Payudara Saat Menyusui

4. Berat Badan

Mengembalikan berat badan pasca melahirkan membutuhkan waktu yang lama dan bahkan banyak yang mengeluh karena sudah beberapa cara dicoba hasilnya nihil. Nah, salah satu kunci keberhasilan menurunkan berat badan setelah melahirkan adalah dengan bersabar.

Baca Selengkapnya: Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

5. Lecet Pada Bagian Puting

Tidak hanya payuda** saja yang mengalami sakit, tapi puting juga turut sakit. hal tersebut dikarenakan mulut bayi masih kasar saat sedang minum sehingga menimbulkan lecet. selain itu cara memberikan ASI juga mempengaruhi kondisi puting.

Baca Selengkapnya: Tips Merawat Payudara Saat Menyusui

untuk menghindari berbagai masalah pasca melahitrkan sangat disarankan bila ibu mengetahui cara mencegah berbagai masalah tersebut. semoga ulasan diatas bermanfaat dan memberikan pengetahuan bagi anda. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya