10 Macam Sayuran Hijau Kaya Manfaat: Brokoli, Sawi, Selada hingga Kacang Panjang

Share:

10 Macam Sayuran Hijau Kaya Manfaat: Brokoli, Sawi, Selada hingga Kacang Panjang. Sayuran hijau merupakan sayuran yang banyak dikonsumsi oleh semua elemen masyarakat indonesia. Karena dalam sayuran hijau menyimpan sejuta manfaat dan kandungan nutrisi yang sangat bagus bagi tubuh kita. Banyak sekali jenis dan ragam sayuran hijau yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Berikut daftar sayuran hijau yang kaya manfaat dari wartasolo.com.

Brokoli.

Selain rendah akan kalori, brokoli memiliki kandungan vitamin yang tinggi diantaranya adalah vitamin A dan vitamin C. dalam 100 gr brokoli segar, terdapat 623 IU vitamin A yang mampu untuk memenuhi sekitar 21% dari kebutuhan harian tubuh yang direkomendasikan. Pro vitamin yang terdapat dalam brokoli seperti beta karoten, alfa karoten, zat xanthin dapat membantu untuk menjaga integritas dari kulit dan selaput lendir. Selain itu, vitamin A dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan mata dan mencegah terjadinya degenerasi macula yang menyerang retina ketika usia lanjut. Tidak hanya pada bunga yang mengandung vitamin A, melainkan juga pada pucuk hijau atau daun brokoli yang merupakan sumber dari karotenoid dari Vitamin A dengan besar 160000 IU vit. A/100 gr.

Baca Selengkapnya: Kandungan Gizi dan Manfaat Brokoli

Pare.

Pare merupakan salah satu bahan makanan yang terkenal dengan rasa pahitnya yang begitu terasa. Sayuran yang identik dengan rasa pahit ini seringkali dihindari untuk dijadikan lauk makanan karena rasanya yang tak enak itu. Padahal, dibalik rasa pahit tersebut tersimpan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh hingga sisi kecantikan yang alami. Bahkan di beberapa negara lain justru menggunakan pare sebagai ramuan obat-obatan herbal dengan manfaat optimal.

Baca Selengkapnya: Manfaat Sayur Pare Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Sawi.

Sawi menjadi salah satu sayuran yang kaya akan vitamin sehingga dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan sekaligus mampu mencegah berbagai macam penyakit. Kandungan nutrisi dalam sawi antara lain vitamin A, vitamin K, vitamin C, flavonoid, karotenoid, folat, thiamin, asam pantotenat, fosfor, kalium hingga fitonutrien yang membuat manfaat sawi sangatlah beragam dan bervariasi.

Baca Selengkapnya: Manfaat Sawi dan Efek Samping Terhadap Kesehatan

Daun Singkong.

Selain lezat, singkong juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Seluruh pohonnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Akarnya bisa dimakan, batangnya dapat dibuat bibit singkong dan daun singkong yang mampu mengobati berbagai penyakit dan digunakan sebagai sayur.

Baca Selengkapnya: Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan

Daun Seledri.

Bagi anda yang mempunyai masalah dengan ginjal anda, ternyata rebusan daun seledri mampu menjadi seduhan yang mujarab bagi permasalahan ginjal. Selama bertahun-tahun, ginjal kita dengan setia menyaring garam, racun dan zat yang berbahaya dalam darah yang masuk ke dalam tubuh. Seiring berjalannya waktu, semua zat tersebut akan terakumulasi dan tentunya diperlukan perawatan atau pembersihan pada organ ginjal kita. untuk membersihkan organ ginjal kita tidak perlu mahal-mahal melakukan perawatan dirumah sakit dan diberi beberapa obat yang tentunya akan menimbulkan efek samping bagi tubuh. dengan rebusan daun seledri kita bisa mengatasi cara cuci ginjal alami.

Baca Selengkapnya: Rebusan Daun Seledri Mampu Untuk Pencuci Ginjal

Selada.

Mengkonsumsi sayuran merupakan sebuah proses yang baik untuk menjaga kesehatan di dalam tubuh serta menambah nutrisi dalam tubuh. Namun, sebenarnya bukan hanya bagi kesehatan saja tetapi bisa pula untuk kecantikan yang ingin diperoleh secara alami. Begitu juga dengan daun Selada yang mempunyai ragam manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Daun selada yang biasa digunakan sebagai garnis atau lalapan ternyata memiliki banyak manfaat. Khasiat yang dimiliki oleh daun Selada ini berperan penting sebagai pelindung, pencegah hingga ramuan alami untuk beberapa resiko.

Baca Selengkapnya: Cantik Dan Sehat Dengan Daun Selada

Buncis.

Buncis mengandung beberapa kandungan gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Beberapa kandungan gizi dalam buncis tersebut antara lain Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B11, Vitamin C, Lemak, Protein, Kadar abu, Mangan, Molibdenum, Magnesium, Potasium, Zat besi, Fosfor, Kalsium, Tembaga, Karbohidrat, Serat kasar, dll.

Baca Selengkapnya: Manfaat Buncis untuk Kesehatan

Asparagus.

Asparagus (asparagus officinalis) merupakan sejenis sayuran yang banyak digunakan sebagai bahan makanan. Selain rasanya yang enak, kandungan gizi di dalamnya pun cukup banyak. Asparagus tenyata juga bermanfaat dan berkhasiat bagi tubuh salah satunya bisa memperbaiki kinerja ginjal. Asparagus yang biasanya dikonsumsi dengan direbus atau dibikin jus kaya kandungan gizi antara lain vitamin C, vitamin E, vitamin B6, kalsium, magnesium, seng, protein, vitamin A, vitamin K, tiamin, riboflavin, rutin, niasin, zat besi, fosfor, potassium, tembaga, mangan, dan selenium, serta kaya akan serat alami yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Sayuran ini juga memiliki kandungan kalori yang rendah, tidak mengandung lemak atau kolesterol, dan memiliki kandungan sodium yang sedikit. Selain itu dalam asparagus juga banyak terkandung asam folat.

Baca Selengkapnya: Manfaat Asparagus dan Kandungan Gizinya

Daun Lembayung.

Daun lembayung memiliki tekstur yang kasar dan keras, sebaiknya jika anda ingin memasak daun lembayung ini pilihlah hanya daun yang masih muda. Rasa dari daun lembayung cukup enak untuk di jadikan sayur untuk makan anda. Di pasar tradisional sayuran daun lembayung ini cukup mudah untuk di jumpai, karena harganya yang cukup terjangkau. Namun di balik harganya yang terjangkau ternyata daun lembayung ini memiliki kandungan gizi yang cukup banyak diantaranya karbohidrat, vitamin A, protein, kalori, lemak, fosfor, kalsium, zat besi dan vitamin B.

Baca Selengkapnya: Manfaat Sayur Lembayung dan Kandungan Gizinya

Kacang Panjang.

Konsumsi sayur memang sangat baik untuk kesehatan. Ada banyak sekali sayuran yang sangat bermanfaat. Salah satunya adalah kacang panjang. Kacang panjang merupakan salah satu sayuran yang mudah di temui, selain itu harganya yang relative murah membuat sayuran ini digemari banyak masyarakat. Biasanya kacang panjang digunakan untuk membuat berbagai sayuran seperti lodeh, pecel, oseng-oseng kacang panjang dan juga digunakan untuk lalapan. Kacang panjang mempunyai banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin B1 dan B2. Kedua vitamin tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Terutama buat anda yang mempunyai badan yang mudah lelah.

Baca Selengkapnya: Manfaat Kacang Panjang Sebagai Sumber Antioksidan

Ternyata setiap sayuran yang biasa kita konsumsi mempunyai manfaat yang berbeda beda. semoga dengan ulasan diatas kita lebih bijak dalam memilih sayuran untuk konsumsi setiap hari. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya