10 Macam Sayuran Super Sehat Beserta Manfaat Dan Kandungan Gizinya

Share:

10 Macam Sayuran Super Sehat Beserta Manfaat Dan Kandungan Gizinya. Inilah beberapa sayuran yang biasa digunakan masyarakat terutama masyarakat indonesia yang biasa digunakan untuk membuat sayuran yang menggugah selera. Ternyata sayuran yang biasa kita konsumsi tidak hanya bernilai gizi tinggi tapi juga banyak manfaat. Aneka macam sayuran tersebut antara lain adalah wortel, brokoli, buncis dan masih banyak lagi.

Simak penjelasan selengkapnya 10 macam sayuran yang sehat dan bermanfaat berikut ini.

Wortel.

Wortel adalah salah satu sayuran yang memiliki berbagai nutrisi serta vitamin yang di butuhkan oleh seluruh organ tubuh anda. Berdasarkan fakta yang telah terungkap, wortel merupakan sumber vitamin A yang sempurna. Vitamin A dalam wortel sangat baik untuk menjaga dan mempertahankah kesehatan tubuh anda.

Baca Selengkapnya: Manfaat Wortel, Selain Baik Untuk Penglihatan Juga Sebagai Sayuran Anti Kanker

Brokoli. Brokoli adalah salah satu sayuran hijau yang banyak sekali mengandung vitamin dan mineral untuk tubuh. Manfaat brokoli sangat banyak untuk tubuh kita. Salah satunya ialah brokoli bisa mengatasi dan mengurangi resiko berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Dalam sayur brokoli terdapat kandungan vitamin dan juga mineral yang sangat baik untuk tubuh. Sayuran hijau ini juga sangat disarankan untuk sesering mungkin dikonsumsi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. baik itu digunakan sebagai sayur maupun dijus dengan sayuran lain.

Baca Selengkapnya: Manfaat Brokoli untuk Bayi, Diet, Kecantikan

Kembang Kol. Kembang kol atau bunga kol ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan seperti, gangguan pencernaan, mencegah efek radiasi ultraviolet, diabetes, radang usus, degenerasi makula, obesitas dan hipertensi. Zat bersifat Antioksidan pada bunga kol membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mengurangi risiko stroke, kanker dan penyakit neurodegenerative. Kembang kol juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang, otak, keseimbangan elektrolit, menjaga kadar kolesterol, dan mencegah gangguan terhadap kardiovaskular.

Baca Selengkapnya: Manfaat Kembang Kol Dan Kandungan Gizinya

Buncis. Buncis merupakan sejenis polong-polongan yang bisa dimakan baik secara langsung atau pun dengan dimasak terlebih dahulu. Baik buah, biji, atau pun daunnya telah banyak dimanfaatkan sebagai sayuran yang begitu lezat. Sayuran buncis sangat kaya akan kandungan gizi dan nutrisinya serta jenis sayuran yang satu ini dipercaya berasal dari wilayah Amerika Selatan. Buncis mengandung beberapa kandungan gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Beberapa kandungan gizi dalam buncis tersebut antara lain Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B11, Vitamin C, Lemak, Protein, Kadar abu, Mangan, Molibdenum, Magnesium, Potasium, Zat besi, Fosfor, Kalsium, Tembaga, Karbohidrat, Serat kasar, dll.

Baca Selengkapnya: Manfaat Buncis yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh

Kacang Panjang.

Konsumsi sayur memang sangat baik untuk kesehatan. Ada banyak sekali sayuran yang sangat bermanfaat. Salah satunya adalah kacang panjang. Kacang panjang merupakan salah satu sayuran yang mudah di temui, selain itu harganya yang relative murah membuat sayuran ini digemari banyak masyarakat. Biasanya kacang panjang digunakan untuk membuat berbagai sayuran seperti lodeh, pecel, oseng-oseng kacang panjang dan juga digunakan untuk lalapan. Kacang panjang mempunyai banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin B1 dan B2. Kedua vitamin tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Terutama buat anda yang mempunyai badan yang mudah lelah.

Baca Selengkapnya: Manfaat Kacang Panjang Sebagai Sumber Antioksidan Tubuh

Daun Singkong.

Selain lezat, singkong juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Seluruh pohonnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Akarnya bisa dimakan, batangnya dapat dibuat bibit singkong dan daun singkong yang mampu mengobati berbagai penyakit dan digunakan sebagai sayur.

Baca Selengkapnya: Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan

Sawi.

Sawi menjadi salah satu sayuran yang kaya akan vitamin sehingga dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan sekaligus mampu mencegah berbagai macam penyakit. Kandungan nutrisi dalam sawi antara lain vitamin A, vitamin K, vitamin C, flavonoid, karotenoid, folat, thiamin, asam pantotenat, fosfor, kalium hingga fitonutrien yang membuat manfaat sawi sangatlah beragam dan bervariasi.

Baca Selengkapnya: Manfaat Sawi dan Efek Samping Terhadap Kesehatan

Tomat.

Tomat diketahui mengandung sejenis antioksidan kuat yang disebut Lycopene dalam jumlah banyak, Lycopene merupakan zat yang membuat warna merah pada buah ini. Bukan hanya itu, buah tomat juga telah terbukti mengandung suatu senyawa yang disebut sebagai asam alfa lipoic, yang bermanfaat membantu mengontrol glukosa dalam darah, meningkatkan vasodilatasi dan melindungi terhadap retinopati pada pasien diabetes, bahkan bisa membantu kelestarian otak dan jaringan saraf.

Baca Selengkapnya: Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Jagung.

Jagung biasa digunakan sebagai makanan cemilan “pop corn” yang mempunyai banyak penggemar. Di Indonesia sendiri masih jarang menggunakan jagung sebagai makanan pokok sehari-hari. Padahal budidaya jagung sudah banyak dilakukan sehingga jagung bisa dengan mudah didapatkan. Biasanya jagung memang hanya dijadikan sebagai bagian campuran dalam sup. Jagung yang agak tua dapat diolah menjadi popcorn yang nikmat. Tapi memang dibalik rasanya yang enak, jagung sangat baik dikonsumsi karena mampu menjaga kesehatan tubuh. Beberapa manfaat jagung selain sebagai sumber karbohidrat namun sangat mengandung nutrisi yang mampu mengatasi permasalahan kesehatan bagi tubuh.

Baca Selengkapnya: Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Jamur.

Manfaat jamur bagi kesehatan ialah melindungi tubuh dari beragam penyakit dan infeksi, karena jamur banyak mengandung protein, vitamin dan mineral, asam amino, antioksidan hingga antibiotik alami. Jamur memiliki nama ilmiah “Agaricus” umum, namun untuk spesies yang berbeda namanya juga berbeda disetiap spesies. Jamur pada dasarnya digolongkan kedalam keluarga saprophytes, organisme /tanaman tanpa klorofil yang berkembang biak dengan mengekstraksi nutrisi dari tanaman yang mati dan telah membusuk. Jamur memiliki warna yang sangat bervariasi, termasuk tekstur, bentuk dan sifat. Jamur konsumsi yang banyak kita kenal diantaanya, jamur merang, jamur kancing, jamur kuping, jamur kayu, jamur tiram putih dll.

Baca Selengkapnya: Manfaat Jamur Dan Kandungan Gizi Untuk Kesehatan

Tanpa kita sadari ternyata banyak juga manfaat dari sayuran yang biasa kita konsumsi. selain memiliki nilai gizi yang tinggi, sayuran-sayuran tersebut juga banyak manfaat dan harganya juga ekonomis. Kita bisa mengolah sayuran tersebut dengan berbagai resep menu masakan. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya