Inilah Manfaat Jintan Hitam Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Share:

Inilah Manfaat Jintan Hitam Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya. Bahwa, manfaat utuk jintan hitam sejak zaman dulu dipercaya memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Nama lainnya dari herbal ini adalah Habbatussauda atau kita kenal sebagai jintan hitam. Bagi umat muslim, penggunaan jintan hitam ini sudah dianjurkan oleh Nabi Muhammad. Yaitu lebih dari 2000 tahun Negara timur tengah menggunakan jintan hitam sebagai sebuah media pengobatan. Yang mana dalam bidang akademis tentang jintan hitam sudah diteliti dan membenarkan bahwa khasiat jintan hitam adalah luar biasa.

Inilah pemanfaatan jintan hitam pada bidang farmasi :  

  1. Analgesik (penghilang rasa sakit)
  2. Anti-Bakteri
  3. Anti-inflamasi
  4. Anti-Maag
  5. Anti-kolinergik (mual, muntah, diare)
  6. Anti-jamur
  7. Ant-hipertensi
  8. Antioksidan
  9. Antispasmodic (kejang saluran cerna)
  10. Antivirus
  11. Bronkodilator (kesulitan bernafas)
  12. Inhibitor glukoneogenesis (Anti-Diabetic)
  13. Hepatoprotektif (Melindungi hati)
  14. Hipotensi (darah rendah)
  15. Insulin sensitisasi
  16. Interferon inducer
  17. Leukotrien Antagonis
  18. Renoprotektif (Ginjal Melindungi)
  19. Tumor Necrosis Factor Alpha Inhibitor

Manfaat Jintan Hitam :

Bahwa jintan hitam lebih unggul dari pada obat fluticasone untuk mengatasi asma. Studi kasus lainnya, dengan menggunakan subyek manusia menemukan bahwa ekstrak air jintan hitam yang direbus memiliki efek antiasthmatic yang kuat untuk mendukung membuka saluran asma itu sendiri . Sedangkan dalam pengembangan riset lain yang dilakukan telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi ekstrak jintan hitam dengan mulut meningkatkan batuk, mengi dan fungsi paru-paru pada penderita asma. Akan tetapi, black seed mungkin tidak seefektif obat teofilin atau salbutamol.

Efek Samping Jintan Hitam :

Selain kegunaannya yang bagus, jintan hitam mungkin aman dikonsumsi dalam batas kewajaran, akan tetapi ia memiliki efek samping yang cukup besar jika dikonsumsi dalam dosis obat. Berikut adalah beberapa efek samping jintan hitam yang harus dipertimbangkan bagi yang mengkonsumsinya diantara lain :

Kehamilan dan menyusui

Jintan hitam tampaknya aman dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Tetapi, jika anda mengkonsumsi untuk dosis obat yang lebih besar bisa jadi tidak aman. Jintan hitam dapat memperlambat atau menghentikan rahim dari kontraksi. Tidak banyak yang diketahui tentang keamanan menggunakan biji jintan hitam selama menyusui, akan tetapi untuk keamanan selama menyusui ada baiknya menghindarinya dalam mengkonsumsi.

Anak-anak

Minyak biji jintan hitam mungkin aman untuk anak-anak ketika diminum dengan mulut dalam jangka pendek dan dalam jumlah yang direkomentasikan.

Gangguan perdarahan

Black Seed bisa memperlambat pembekuan darah dan meningkatkan risiko perdarahan. Secara teori, black seed mungkin membuat gangguan perdarahan parah.

Diabetes

Biji  jintan hitam dapat menurunkan kadar gula darah pada beberapa orang. Perhatikan tanda-tanda gula darah rendah (hipoglikemia) dan memonitor gula darah Anda, hati-hati jika Anda memiliki diabetes dan menggunakan black seed.

Tekanan darah rendah

Herbal yang dapat menurunkan tekanan darah renda. Secara teori, mengkonsumsinya mungkin dapat membuat tekanan darah menjadi terlalu rendah sehingga harus dimonitor jika anda mengkonsumsinya.

Bedah

Black Seed bisa memperlambat pembekuan darah, mengurangi gula darah, dan meningkatkan kantuk pada beberapa orang. Secara teori, black seed dapat meningkatkan risiko untuk perdarahan dan mengganggu kontrol gula darah dan anestesi selama dan setelah prosedur bedah. Berhenti menggunakan biji jintan hitam setidaknya dua minggu sebelum operasi dijadwalkan.

Ulasan sedikit diatas adalah tentang manfaat dan efek samping dari jinten hitam itu sendiri. Yang mana kalau kita mengkonsumsinya dengan sesuai takaran akan aman untuk kita. akan tetapi, apabila kita mengkonsumsinya dengan over, maka akan ada efek samping yang menyertainya. Maka dari itu buat pecinta kesehatan harus paham dan cerdas tentang ini. [YuQe-WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya