Manfaat Jeruk Purut, Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Sampai Menghilangkan Jerawat

Share:

Manfaat Jeruk Purut, Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh  Sampai Menghilangkan Jerawat. Jeruk purut merupakan jenis jeruk yang biasa digunakan untuk bumbu masakan. Masyarakat sering menggunakan daun dan kulit buahnya sebagai penyedap masakan. Dibalik kulit jeruk purut yang kasar dan bergelombang ternyata menyimpan berbagai manfaat bagi tubuh. Berikut ini merupakan beberapa manfaat jeruk purut yang khasiatnya sangat bermanfaat untuk kesehatan kita dari buah yang satu ini diantaranya yaitu :

Dapat menjaga daya tahan tubuh

Buah jeruk memiliki kandungan senyawa antioksidan yang cukup kuat, maka sangat ampuh dalam melawan serangan radikal bebas yang berbahaya. Jika rutin meminum air jeuk nipis panas, maka akan sangat bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah sakit.

Dapat menghilangkan jerawat

Caranya yaitu :

Pertama-tama bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda sebelum menggunakannya. Siapkan 1 buah jruk nipis matang yang segar, lalu belah dan peras airnya. Setelah itu, siapkan 6 lembar daun jeruk purut dan haluskan. Kemudian campurkan dengan air perasan tadi, lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan air dingin dan lakukan perawatan ini setiap malam.

Dapat menyembuhkan demam, batuk, flu dan pilek

Buah jeruk purut kaya akan vitamin C, maka sangat ampuh dalam mengobati demam, batuk, flu dan pilek.

Caranya yaitu :

Pertama-tama siapkan 2 buah jeruk purut yag telah matang dan segar, lalu peras air nya kemudian seduh dengan 1 gelas air panas. Setelah itu minum secara teratur 2 kali sehari.

Dapat menurunkan berat badan

Buah jeruk purut juga sangat bermanfaat dalam menurunkan berat badan, hal ini dikarenakan buah jeruk purut memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Untuk menurunkan berat badan, disarankan agar rutin meminum air jeuk nipis hangat 2 kali sehari 1 gelas.

Dapat menghilangkan ketombe

Caranya yaitu :

Belah buah jeruk purut menjadi 2 bagian, lalu gosok-gosokan ke seluruh kulit kepala sampai merata dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan dengan cara keramas seperti biasa dan lakukan perawatan ini 2 kali seminggu. Selain dapat menghilangkan ketombe, cara ini pun dapat menguatkan akar rambut sehingga rambut tidak akan mudah rontok.

Dapat mengatasi kulit kering

Caranya yaitu ;

Belah buah jeruk purut, setelah itu gosokan pada kulit yang kering dan bersisik. Lakukan perawatan ini setiap malam sebelum tidur, setelah 3 hari pemakaian kulit akan tampak halus dan lembut.

Selama ini kita belum mengetahuimanfaat dari jeruk purut secara nyata, melalui ulasan diatas semoga kita lebih paham teradap berbagai jenis buah dan sayur yang sangat berguna bagi tubuh diantaranya jeruk purut. Orang awam biasanya menggunakan kulit jeruk purut lantas membuang daging buahnya. Ternyata daging buah jeruk purut juga mempunyai banyak manfaat. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya