Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Share:

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan. Jengkol adalah bahan makanan yang banyak disukai orang dan juga banyak juga orang yang membencinya. Aroma khas jengkol kadang membuat seseorang menjadi tidak betah. Aroma jengkol akan muncul pada bau mulut dan juga pada urin. Jadi seseorang akan berfikir dua kali bila ingin mengkonsumsi jengkol.

Tentu saja dengan urin yang berbau jengkol akan menjadikan kamar mandi atau toilet Anda menjadi berbau tidak sedap alias pesing. Jengkol dibalik aromanya yang menyengat, ternyata tersimpan manfaat jengkol yang luar biasa.

Tentu saja manfaat dari jengkol dapat diperoleh dengan mudah. Cara pertama bisa dilakukan dengan mengkonsumsinya secara langsung. Jengkol juga dapat dimasak menjadi masakan lezat seperti semur jengkol dan juga rendang jengkol.

Manfaat jengkol bagi kesehatan ialah untuk mencegah terjadinya sembelit, mencegah anemia, mengatasi penyakit diabetes, mengatasi penyakit jantung, dan juga baik untuk ibu hamil. Jengkol mengandung serat yang sangat baik untuk system pencernaan. Asupan serat yang tercukupi akan menghindarkan Anda dari sembelit. Manfaat lain dari jengkol yaitu

Jantung

Tentu saja cara menurunkan gula darah dengan mengkonsumsi jengkol harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat. Salah satunya dengan mengurangi makanan yang memiliki kandungan zat gula tinggi. Jika Anda penggemar minuman dan makanan yang manis, maka Anda dapat menggantinya dengan gula jagung. Dengan melakukan pola hidup sehat, maka manfaat dari jengkol dapat optimal.

Manfaat jengkol untuk jantung karena adanya kandungan mineral ang tinggi pada jantung. Jenis penyakit jantung koroner lah yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi jengkol. Jantung koroner terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah.

Penyempitan tersebut tentu saja akan membuat aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Kandungan mineral pada jengkol akan membuat pembuluh darah tidak mengalami penyempitan kembali. Manfaat dari jengkol tersebut tentu saja dapat diperoleh dengan mengolah jantung tidak menjadi overcook.

Diabetes

Sembelit yang terlalu sering akan membahayakan kesehatan tubuh karena sembelit dapat mengakibatkan terjadinya kanker usus besar. Manfaat dari jengkol tersebut dapat diperoleh dengan mengkonsumsi jengkol secara langsung.

Manfaat lain dari jengkol adalah untuk mencegah anemia. Penyakit tersebut terjadi karena kekurangan zat besi. Jengkol mengandung zat besi yang cukup tinggi yaitu 4,7 gram setiap 100 g jengkol. Manfaat jengkol untuk diabetes karena kandungan zat pada jengkol dapat membuat kandungan gula dalam darah dapat turun dalam waktu yang tepat.

Ibu Hamil

Manfaat jengkol untuk ibu hamil yaitu sangat baik untuk pertumbuhan tulang pada janin dan juga dapat mencegah terjadinya sembelit. Kandungan kalsium pada jengkol memang cukup tinggi. Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang, termasuk tulang pada janin. Selain kalsium, kandungan serat pada jengkol juga sangat tinggi.

Ibu hamil akan semakin sering mengalami sembelit. Sehingga, dengan mengkonsumsi jengkol, maka ibu hamil akan terhindar dari sembelit. Manfaat jengkol bagi orang hamil juga harus dengan membatasi konsumsi jengkol. Sehingga, Anda juga akan terhindar dari efek negative dari jengkol.

Dibalik baunya yang sangat luar biasa ternyata jengkol juga menyimpan manfaat yang luar biasa juga. Kita bisa mengkonsumsi jengkol untuk dibuat semur atau masakan lain. Bila ingn menggunakan jengkol sebagai kesehatan abaikan bau yang akan dihasilkan. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya