Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan

Share:

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan. Belimbing Wuluh Selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, belimbing wuluh juga mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan wajah. Rasanya yang asam kadang membuat orang-orang berfikir dua kali untuk memakannya secara langsung. Belimbing waluh dapat kita olah menjadi jus ataupun masker wajah guna untuk merawat atau mengobati permasalahan yang pada kulit atau wajah. Bisa juga digunakan sebagai bumbu masakan yang fungsinya membuat asam masakan.

Berdasarkan daftar komposisi bahan makanan (DKBM), kandungan gizi belimbing wuluh per 100 gr, antara lain: energi 36 kal, protein 0,4 gr, lemak 0,4 gr, karbohidrat 8,8 gr, kalsium 4 mg, fosfor 12 mg, zat besi/ Fe 1,1 mg, Vitamin A 170 SI, Vitamin B1 0,03 mg, Vitamin C 35 mg dan kalium 39 mg. Selain itu, belimbing wuluh mengandung zat non gizi seperti flavonoid, saponin, tanin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, asam format, peroksida dan kalium sitrat.

Berikut ini beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan.

  • Mengecilkan pori-pori pada wajah. Cara menggunakan: Ambil 5 belimbing wuluh dan air garam secukupnya kemudian tumbuk belimbing wuluh sampai halus dan tambahkan air agaram secukupnya. Kemudian oleskan pada wajah dan tunggu kira-kira 5-10 menit kemudian bersihkan dan basuh dengan air bersih.
  • Belimbing Wuluh juga bisa dibuat menjadi masker dan peeling yang mempunyai beberapa manfaat. Berikut cara membuat masker belimbing wuluh: Caranya: Ambil 10 buah belimbing wuluh, lalu cuci bersih dengan air yang mengalir. Lalu haluskan sampai terbentuk lumatan hingga menjadi bubur, lalu lulurkan pada kulit selama kurang lebih 10 menit. Jika terlalu kental, dapat ditambahkan air matang hangat, sedikit demi sedikit, hingga kekentalannya pas dan bisa melekat pada kulit. Dalam membuat masker belimbing wuluh ini, sebaiknya alat-alatnya diperhatikan
  • Lulur belimbing wuluh. Cara menggunakan: Ambil 10 belimbing wuluh dan air hangat secukupnya, lalu cuci bersih belimbing wuluh dan lumatkan hingga halus, lalu tambahkan air hangat secukupnya, lalu lulurkan pada kulit dan biarkan kira-kira 10 menit dan terakhir bilas dengan air bersih.
  • Menghilangkan jerawat. Cara menggunakan: Ambil 6 belimbing wuluh, 1/2 sdt teh serbuk belerang, 1 jeruk nipis. Kemudian giling belimbing wuluh bersama teh serbuk belerang, kemudian remas dengan air jeruk nipis, lalu oleskan pada wajah yang berjerawat.
  • Belimbing wuluh juga bermanfaat untuk bibir menjadi terlihat merah, berikut cara membuatnya: Caranya ambil 1 buah belimbing wuluh lalu potong setengahnya, setelah itu gunakan belimbing wuluh tersebut seperti anda menggunakan lipstik yaitu dengan menggosok-gosokan pada bibir beberapa menit dan bilas dengan air hangat.

Manfaat jus belimbing wuluh:

Jus belimbing wuluh dengan campuran seledri sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit hipertensi yang sering disebut sebagai the silent disease. Umumnya penderita tidak mengetahui dirinya mengidap hipertensi sebelum memeriksakan tekanan darahnya. Tekanan darah sistolik normal adalah 120-140 mm Hg. Sementara tekanan darah diastolik normal adalah 85-90 mm Hg. Penyakit darah tinggi bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang berhubungan dengan gaya hidup, seperti diet yang buruk, merokok, kurang olahraga dan stres.

Belimbing Wuluh juga bisa dibuat menjadi jus, berikut cara membuat jus belimbing wuluh:

Bahan:

Belimbing wuluh 100 gr, Seledri batang besar 100 gr, Air matang ½ gelas, Es serut ½ gelas.

Cara membuat:

Blender belimbing wuluh, seledri batang besar, air dan es serut, hidangkan dengan es,  anda juga bisa menambahkan madu.

Manfaat masker belimbing wuluh:

Berdasarkan zat-zat yang terkandung di dalam belimbing wuluh, membuat belimbing wuluh ini bermanfaat untuk kecantikan. Vitamin C dan vitamin A dalam belimbing wuluh berperan sebagai zat antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel dan proses penuaan. Kandungan Vitamin dan mineral dalam belimbing wuluh bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan awet muda.

Tanpa kita sadari belimbing wuluh yang mempunyai rasa asam ternyata sangat banyak berguna dalam dunia kecantikan dan kesehatan. kita bisa menggunakan sebagai peeling selain harganya murah juga tidak mengandung bahan kimia dan tentunya tidak menyebabkan iritasi. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya