Manfaat Sayur Lembayung Bagi Kesehatan Dan Kandungan Gizinya

Share:

Manfaat Sayur Lembayung Bagi Kesehatan Dan Kandungan Gizinya. Daun lembayung merupakan daun dari tanaman kacang panjang. Mungkin selama ini anda sudah terbiasa dengan mengkonsumsi kacang panjang, namun anda belum pernah mencoba memasak daun lembayung ini. Ternyata tidak Cuma kacang panjangnya saja yang enak dikonsumsi melainkan daun dari tanaman kacang panjang juga sangat lezat dikonsumsi. Dan sangat enak bila dijadikan sayur bening.

Daun lembayung memiliki tekstur yang kasar dan keras, sebaiknya jika anda ingin memasak daun lembayung ini pilihlah hanya daun yang masih muda. Rasa dari daun lembayung cukup enak untuk di jadikan sayur untuk makan anda. Di pasar tradisional sayuran daun lembayung ini cukup mudah untuk di jumpai, karena harganya yang cukup terjangkau. Namun di balik harganya yang terjangkau ternyata daun lembayung ini memiliki kandungan gizi yang cukup banyak diantaranya  karbohidrat, vitamin A, protein, kalori, lemak, fosfor, kalsium, zat besi dan vitamin B.

Dibalik banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada daun lembayung ini, di temukan berbagai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kita. Berikut beberapa ulasan tentang berbagai macam manfaat dari daun lembayung ini:

Mengobati Pembengkakan Payu dara

Pada ibu yang baru saja melahirkan biasanya akan terjadi pembengkakan payu dara (radang payu dara), ini terjadi karena produksi susu yang terjadi di dalam payudara wanita. Pembengkakan juga dapat terjadi karena bayi yang terlalu kuat menghisap payudara. Apabila mengalami pembengkakan ini, anda bisa membuat obatnya dengan daun lembayung ini. Cara pengolahannya menjadi obat pembengkakan ini juga cukup mudah, anda tinggal menyiapkan beberapa lembar daun lembayung, kemudian anda cuci bersih dan remas remas daun tersebut, lalu usapkan pada bagian payu dara anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukanlah setiap hari sampai pembengkakan tersebut sembuh.

Melancarkan Buang air Kecil

Apabila anda mempunyai masalah kurang lancarnya saat membuang air kecil anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi daun lembayung ini. Urin yang ada di dalam tubuh apabila tidak di keluarkan dapat berbahaya bagi tubuh anda. Karena di dalam urin terdapat racun dan toksin yang dapat menimbulkan penyakit berbahaya apabila tidak segera di keluarkan. Apabila anda sering menahan buang air kecil juga dapat menyebabkan sakit pada kambung kemih dan pencernaan.

Cara mengolah daun lembayung menjadi obat pelancar kencing sangatlah mudah, pertama anda siapkan daun lembayung secukupnya kemudian cuci bersih, setelah di cuci rebuslah daun lembayung tersebut dengan air sampai mendidih kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu tunggu sampai dingin, kemudian saring ambil airnya saja. Minumlah air daun lembayung tersebut setiap pagi dan sore. Apabila dirasa kurang enak anda bisa menambahkannya dengan gula merah.

Mencegah Kerontokan Rambut

Masalah kerontokan rambut mungkin bisa di alami oleh siapa saja baik pria maupun wanita. Dan apabila kerontokan ini di biarkan bisa saja membuat anda menjadi botak, dan tentunya rasa kurang percaya diri akan menghantui anda. Namun anda tidak perlu terlalu khawatir, ternyata daun lembayung ini juga bisa di jadikan obat untuk mencegah kerontokan pada rambut. Cara mengolah daun lembayung ini pun cukup mudah yaitu anda cukup menyiapkan daun lembayung dan di tambah dengan minyak kasutri.

Pertama anda remas remas daun lembayung, atau di tumbuk juga tidak masalah. Kemudian campur antara daun lembayung yang sudah lembut tersebut dengan minyak kasutri. Oleskan pada kulit kepala anda di sertai dengan pijatan yang lembut. Setelah anda mengoleskannya sudah rata, ambil handuk untuk membungkus rambut anda dan biarkan kurang lebih 30 menit agar sari daun lembayung tersebut meresap ke kulit kepala anda. Setelah itu anda bisa langsung membersihkannya dengan keramas dan lakukanlah secara rutin.

Memperlancar Produksi Asi

Asi adalah asupan nutrisi yang sangat penting bagi perkembangan bayi. Mengkonsumsi makanan lain selain asi bagi bayi yang berumur kurang dari 6 bulan dapat menyebabkan pencernaan bayi terganggu. Bagi anda yang sedang mempunyai bayi yang berumur kurang dari 6 bulan tentu sangat menginginkan produksi asi anda meningkat. Cara mudah meningkatkan asi anda yang cukup efektif adalah dengan mengkonsumsi daun lembayung ini. Anda bisa menjadikan daun lembayung ini sebagai lalapan, sayur atau olahan masakan yang lainnya. Kelebihan daun lembayung ini adalah memiliki aroma yang tajam sehingga tidak membuat ibu menyusui menjadi mual dan muntah.

Memperlancar Peredaran Darah

Daun lembayung juga mempunyai manfaat yang hampir sama dengan kacang panjang yaitu dapat memperlancar aliran darah pada tubuh. Sudah di ketahui bahwa darah merupakan cairan yang sangat penting bagi tubuh karena merupakan pendistribusi oksigen dan sari sari makanan ke seluruh tubuh. Dengan lancarnya peredaran darah anda maka kinerja dari organ tubuh yang lainnya pun akan maksimal, sehingga anda akan terhindar dari penyakit jantung dan strok.

Selain berbagai manfaat di atas daun lembayung  juga dapat di manfaatkan para petani untuk membuat pupuk kompos. Daun lembayung yang sudah tua juga bisa dijadikan pupuk kompos karena teksturnya yang keras dan kasar sehingga tidak enak jika dikonsumsi. Oleh karena itu daun lembayung yang sudah tua bisa dijadikan pupuk kompos sebagai alternatif penggunaannya. Cara membuat pupuk kompos dengan menggunakan daun lembayung ini adalah dengan memotong daun lembayung kecil-kecil dan mencampurnya dengan tanah atau pupuk kandang yang sudah disiapkan.

Ternyata banyak sekali manfaat dari daun lembayung. Daun yang menghasilkan kacang panjang ini meskipun harganya yang relative murah tapi rasanya sangat lezat dan banyak manfaat. Tapi jangan heran bila mengkonsumsi daun lembayung kencing kita akan berbau. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya