Manfaat Kecambah Bagi Kesehatan

Share:

Manfaat Kecambah Bagi Kesehatan. Kecambah, orang biasa menyebutnya tauge merupakan benih dari kacang hijau yang biasa dibuat lalapan atau berbagai makanan lainnya. Rasanya yang renyah sedikit agak manis jika dimakan mentah, atau lembut jika matang mungkin Anda menyukainya. Sebenarnya banyak kecambah yang dibuat dari jenis kacang lain, namun tauge merupakan kecambah yang paling populer. Tauge ini juga populer diluar negeri sebagai salad, karena dianggap sebagai sumber nutrisi yang bagus bagi tubuh terutama vitamin C, vitamin B, serta mengandung protein.

Jika Anda peduli dengan kesehatan, tauge bisa menjadi salah satu pangan yang bisa Anda masukkan kedalam diet Anda. Karea tauge tak ada efek samping, namun hanya satu yang perlu diketahui bahwa kecambah mentah bisa mengandung parasit atau kuman yang merugikan jika mentah dan kurang dibersihkan.

Berikut beberapa manfaat tauge atau kecambah kacang hijau bagi kesehatan berdasarkan kandungan nutrisinya

Sumber Vitamin C Tauge menawarkan manfaat untuk kesehatan dengan memasok kebutuhan vitamin untuk Anda. Menurut University of Nebraska, dalam secangkir kecambah kedelai mengandung vitamin C sejumlah 10mg, dan 13mg pada kecambah kacang hijau. Tubuh Kita sangat membutuhkan asupan rutin vitamin C untuk memperoleh cukup antioksidan yang berguna untuk menetralisir radikal bebas. Wanita harus mengkonsumsi 75 miligram vitamin C setiap, sementara untuk pria 90 miligram perhari.

Protein dan karbohidrat Kecambah kacang hijau mengandung karbohidrat dan protein, merupakan gizi yang penting untuk mendukung kesehatan.

Seporsi 1 cangkir kecambah mengandung sekitar 6,2 gram total karbohidrat termasuk serat yang penting untuk kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Secangkir kecambah kacang hijau juga menawarkan protein sekitar 3,2 gram, yaitu salah satu nutrisi yang penting untuk menjaga dan memperbarui jaringan tubuh.

Rendah lemak dan kalori Semua jenis tauge atau kecambah dari jenis kacang apapun semuanya rendah kalori, yaitu sekitar 30 kalori untuk secangkir kecambah kacang hijau dan hingga 80 kalori dalam secangkir kecambah kedelai. Kecambah kedelai juga mengandung protein dengan jumlah 3 kali lipat dari kecambah kacang hijau. Namun kedua jenis kecambah ini mengandung serat dan karbohidrat dalam jumlah sama. Kecambah kacang hijau lebih sedikit mengandung lemak jika dibandingkan dengan kecambah kedelai; ia hanya menyediakan 5 gram lemak untuk secangkir. Dengan demikian sangat cocok bagi orang yang sedang diet menurunkan atau menjaga berat badan yang ideal.

Sumber Vitamin K Vitamin K digunakan oleh tubuh untuk mendukung pembekuan darah yang sehat, serta menjaga jaringan tulang. Secangkir kecambah kacang hijau menyediakan sekitar 34 mikrogram vitamin K, yang telah mencukupi 38 persen kebutuhan setiap hari yang disarankan untuk wanita dan 27% untuk pria.

Merupakan sumber Folat(Vitamin 9) yang baik Secara menakjubkan tauge juga mengandung vitamin penting yang sangat tubuh kita butuhkan dengan jumlah yang sangat baik, yaitu asam folat atau Vitamin Menyediakan dua mineral penting, tembaga dan mangan Dua mineral penting juga ditemukan dalam kecambah kacang hijau, yaitu mangan dan tembaga. Tembaga diperlukan tubuh untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, serta menjaga fungsi otak dan membantu penyerapan zat besi. Sementara itu mangan bermanfaat mendukung kesehatan reproduksi dengan cara membantu membuat, dan juga memperkuat jaringan ikat tubuh. Secangkir kecambah kacang hijau menawarkan mangan 0,2 miligram, yaitu11 persen dari asupan yang anjurkan setiap hari untuk wanita dan 9 persen untuk laki-laki. Setiap porsi kecambah juga menyediakan 170 mikrogram tembaga, atau mencukupi sekitar 19 persen dari pasokan harian yang dianjurkan.

B9 dari kelompok vitamin B kompleks. Makan secangkir kacang hijau akan memberikan kita sekitar16 persen kebutuhan folat yang dianjurkan setiap hari. Namun kecambah dari kedelai lebih tinggi folat dua kali lipat dari kecambah kedelai dalam porsi yang sama. Folat berguna untuk membantu tubuh membuat DNA, asam amino, serta sel darah merah, sehingga penting untuk pencegahan anemia; terutama Ibu hamil sangat membutuhkan folat untuk mencegah cacat bawaan pada janin yang dikandungnya.

Perhatian Tauge bisa tumbuh baik ditempat yang lembab dan hangat, yang juga merupakan tempat tumbuh yang sangat baik bagi bakteri. Dengan demikian membuat kecambah memiliki resiko kontaminasi bakteri merugikan yang lebih tinggi seperti bakteri salmonella (penyebab typhus) dan E coli yang menyebabkan sakit perut. Perhatian bagi wanita hamil, anak-anak, orang tua, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah tidak aman makan tauge mentah. Namun jika dimasak, tauge sudah bebas dari bakteri merugikan ini dan aman dikonsumsi siapa saja.

Meskipun tauge mentah dipercaya dapat menyuburkan kandungan tapi dalam mengkonsumsi perlu hati-hati. Semoga ulasan mengenai manfaat tauge dan kandungan yang ada dalam tauge bermanfaat bagi pembaca. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya