Manfaat Cabai Dan Kandungan Gizinya Serta Bahayanya Bagi Kesehatan

Share:

Manfaat Cabai Dan Kandungan Gizinya Serta Bahayanya Bagi Kesehatan. Cabai biasa dikenal sebagai bumbu masakan bagi  anda yang menyukai cita rasa pedas. Tanaman cabai banyak dijumpai disetiap rumah karena pohon cabe dapat tumbuhdengan subur di Indonesia selain itu tanaman cabai cukup mudah untuk ditanam dan tidak memerlukan banyak tempat. Cabai tentu saja sebagai salah satu bahan alami yang menghasilkan warna merah dan rasa pedas pada masakan. Meskipun cabai ini sering dikaitkan dengan gangguan pada perut, namun sebenarnya cabai menyimpan manfaat yang amat berguna bagi tubuh.

Manfaat Cabai Bagi Kesehatan

Cabai memiliki berbagai kandungan yang mampu menunjang kesehatan bagi yang menkonsumsinya. Salah satu zat yang sangat baik dimiliki cabai adalah zat kapsaikin, kapsisidin, vitamin A dan vitamin C. Vitamin C ini juga kaya kandungan pada cabai, sama seperti manfaat jeruk, manfaat lemon, manfaat anggur yang dikenal sebagai sumber vitamin C.

Berikut ini beberapa manfaat cabai yang baik dikonsumsi oleh kita :

Resiko Kesehatan Pada Cabai

Cabai mengandung capsaicin, yang memberikan karakter yang kuat pedas pedas. Capsaicin bila dimakan berlebihan akan menyebabkan iritasi parah dan sensasi panas ke mulut, lidah dan tenggorokan.

  • Capsaicin dalam cabai awalnya memunculkan peradangan lokal setelah terjadi kontak dengan selaput lendir halus di rongga mulut, tenggorokan dan perut. Kemudian menghasilkan sensasi terbakar parah yang dianggap sebagai ‘panas’ melalui ujung saraf bebas di mukosa. Kita bisa mengkonsumsi yoghurt untuk membantu mengurangi rasa sakit terbakar dengan cara pengenceran konsentrasi capsaicin dan mencegah kontak dengan dinding mukosa.
  • Hindari menyentuh mata dengan jariterkena cabai. Jika hal tersebut terjadi bilas mata secara menyeluruh dengan air dingin untuk mengurangi iritasi.
  • Senyawa kimia tertentu seperti aflatoksin, ditemukan dalam cabai yang telah diketahui dapat menyebabkan gangguan perut, hati dan usus besar.

Pengkonsumsian Cabai

Cabai termasuk kedalam golongan makanan herbal yang sebenarnya amat menyehatkan. Namun pada perkembangannya banyak dilakukan pengawetan pada jenis bahan makanan ini. Pengawetan pada cabai justru merusak kandungan alami pada cabai tersebut dan berpotensi membuat permasalahan kesehatan yang lain.

Maka dari itu, kita harus pintar-pintar dalam memilih bahan makanan yang alami dalam bentuk yang masih segar. Pada cabai itu sendiri, apabila dikonsumsi pada orang yang memiliki sensitifitas pada makanan yang pedas, harus dikonsumsi dalam batasan yang wajar dan tidak berlebihan. Karena kita selayaknya menginkan manfaat cabai kita peroleh dengan baik, bukan malah sebaliknya yaitu efek samping karena mengkonsumsinya yang terlalu banyak. Karena bisa menyebabkan lambung tidak kuat dan diare.

Ulasan diatas merupakan manfaat dan kandungan nutrisi yang ada dalam cabai. Ternyata dibalik warnanya yang merah dan rasanya yang pedas cabai menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya