Manfaat Bawang Bombay dan Kandungan Gizinya

Share:

Manfaat Bawang Bombay dan Kandungan Gizinya. Bawang bombai merupakan salah satu rempah yang memberi cita rasa lezat dan aroma sedap pada masakan. Selain itu, bawang bombai juga memberikan manfaat lain dalam hal kesehatan.

Kandungan dan komposisi gizi yang berada di bawang Bombay ternyata cukup banyak.  Ternyata komposisi gizi yang berada dalam si besar ini sangat bervariasi seperti Fosfor, Abu, kalium , kalsium Kalori, Lemak, serat, karbohidrat, protein zat besi,  Vitamin, Niacin, Natrium. Dikarenakan kandungan gizinya yang sangat banyak, oleh sebab itu bawang ini sering digunakan sebagai bahan pengobatan hingga kecantikan.

Bahan masakan yang termasuk dalam jenis bawang ini ternyata menyimpan banyak manfaat penting yang baik bagi kesehatan tubuh.

  1. Menjaga kesehatan jantung. Makan setengah potong bawang bombai dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat. Hal ini secara otomatis juga akan menjaga kesehatan jantung. Khasiat bawang bombai akan terasa efektif jika dimakan mentah dan dikonsumsi secara rutin.
  2. Melancarkan peredaran darah. Bawang bombai mengandung fitokimia, zat kimia atau nutrien yang dapat membantu vitamin C mengoptimalkan fungsinya terhadap tubuh. Adanya fitokimia dalam bawang bombai juga dapat meredakan inflamasi dan melancarkan peredaran darah, sehingga pada akhirnya dapat menjaga fungsi sistem kardiovaskular.
  3. Mencegah kanker. Bawang bombai mengandung kuersetin (quercetin) dan senyawa flavonoid lainnya yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Flavanoid merupakan antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kuersetin telah diketahui dapat memperlambat atau bahkan menghentikan pertumbuhan tumor dan melindungi sel-sel dari ancaman kanker, terutama kanker usus besar.
  4. Mencegah osteoporosis. Bawang bombai mengandung senyawa khusus yang bisa menggantikan pengeroposan tulang pada wanita penderita osteoporosis. Oleh sebab itu, bila anda ingin mencegah osteoporosis dengan cara alami, maka konsumsilah bawang bombai secara teratur.
  5. Membantu mengontrol gula darah. Bawang bombai juga mengandung kromium, merupakan mineral penting yang dapat membantu sel-sel dalam merespon kinerja insulin untuk mengatur gula darah dalam tubuh agar tetap terkontrol.
  6. Melancarkan Pencernaan. Bawang bombai kaya akan serat. Serat merupakan nutrisi yang sangat penting dalam menjaga kesehatan pencernaan tubuh. Pencernaan yang sehat akan menjauhkan anda dari hal-hal seperti susah buang air besar atau sembelit.
  7. Meningkatkan sistem imun. Mengonsumsi bawang bombai juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun tubuh dan mengatasi inflamasi. Sistem imun yang kuat merupakan kunci utama mempertahankan diri dari berbagai serangan penyakit.
  8. Mencegah asma. Penelitian medis menunjukkan bahwa senyawa belerang yang terdapat pada bawang bombai dapat menghentikan formasi rantai biokimia yang bisa menyebabkan terjadinya asma. Bawang bombai juga memudahkan pencairan dahak pada pasien yang menderita batuk parah.

Ulasan diatas merupakan manfaat dan kandungan gizi dari bawang Bombay. Ternyata banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari konsumsi bawang Bombay. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi pembaca. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya