Manfaat Buncis yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh

Share:

Manfaat Buncis yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh.  Buncis merupakan sejenis polong-polongan yang bisa dimakan baik secara langsung atau pun dengan dimasak terlebih dahulu. Baik buah, biji, atau pun daunnya telah banyak dimanfaatkan sebagai sayuran yang begitu lezat. Sayuran buncis sangat kaya akan kandungan gizi dan nutrisinya serta jenis sayuran yang satu ini dipercaya berasal dari wilayah Amerika Selatan.

Buncis mempunyai nama latin Phaseolus Vulgaris. Sayuran buncis sangat cocok sekali ditanam dan dibudidayakan pada dataran medium maupun dataran tinggi. Tanaman buncis bisa Kita bedakan menjadi 2 macam, yaitu buncis tipe merambat dan tipe tegak.

Meskipun buncis sendiri bukan berasal dari Indonesia, namun Indonesia merupakan salah satu Negara yang memproduksi buncis terbesar didunia. Buncis bisa menyebar hampir keseluruh dunia dikarenakan oleh penjajah Spanyol yang memperkenalkan buncis keseluruh wilayah eropa yang pada akhirnya bisa sampai ke Negara tercinta Kita yakni Indonesia. Pohon buncis bisa tumbuh dengan subur diindonesia.

Buncis mengandung beberapa kandungan gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Beberapa kandungan gizi dalam buncis tersebut antara lain Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B11, Vitamin C, Lemak, Protein, Kadar abu, Mangan, Molibdenum, Magnesium, Potasium, Zat besi, Fosfor, Kalsium, Tembaga, Karbohidrat, Serat kasar, dll.

Pada umumnya, buncis seringkali dijadikan sebagai bahan utama dalam masakan sehari-hari. Selain rasanya yang enak, buncis juga sangat baik untuk kesehatan tubuh Kita. berikut manfaat buncis yang luar biasa untuk kesehatan tubuh:

  1. Menjaga jantung tetap sehat. Mengonsumsi buncis minimal 4 kali dalam seminggu bisa membantu organ jantung Anda untuk tetap dalam kondisi terbaiknya. Hal ini bisa terjadi lantaran buncis mengandung asam folat didalamnya.
  2. Mengontrol glukosa. Buncis memiliki kadar protein yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan telur, protein yang dimiliki buncis itu tidak jauh berbeda dengan protein yang ada pada telur. Apabila sayuran buncis ini dimasak dengan benar, maka protein yang ada didalamnya akan terserap dengan sempurna oleh tubuh Anda. Sehingga, hal tersebut dapat bermanfaat untuk mengontrol glukosa atau kadar gula dalam darah.
  3. Mengatasi batu ginjal. Serat yang tinggi dalam sayuran buncis bisa bermanfaat juga untuk melarutkan batu ginjal sekaligus mencegah terjadinya pembentukan batu pada ginjal. Oleh karena itu, banyak dokter yang menganjurkan mengonsumsi makanan yang satu ini apabila seseorang menderita batu ginjal.
  4. Terlihat lebih awet muda. Proses penuaan dini bisa dicegah dengan mengonsumsi buncis setiap harinya. Buncis mengandung antioksidan yang cukup yang bermanfaat untuk menanggal radikal bebas dan paparan sinar matahari.
  5. Meningkatkan sistem metabolisme. Kandungan mineral yang ada didalam buncis, seperti mangan, kalium, zat besi, dan magnesium. Semua senyawa tersebut dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme yang baik bisa meningkatkan kinerja organ tubuh yang lainnya dengan baik pula.
  6. Melancarkan sistem pencernaan. Buncis sendiri termasuk kedalam keluarga kacang sehingga tidaklah mengherankan kalau buncis mengandung serat yang sangat tinggi. Serat tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh karena bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang baik dapat mengurangi jumlah kolesterol dalam darah sehingga jantung tetap dalam keadaan sehat. Oleh sebab itu, mengonsumsi buncis sangatlah disarankan bagi mereka yang mempunyai masalah dengan kesehatan jantungnya.
  7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Adanya vitamin B1, B6, dan vitamin C yang terdapat pada buncis bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik bisa mencegah Anda supaya tidak mudah untuk terserang penyakit.
  8. Rendah kalori. Buncis mempunyai nilai kalori yang cukup rendah sehingga buncis sangat cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang tidak ingin mempunyai berat badan berlebih. Seperti yang Anda ketahui bahwa mempunyai berat badan berlebih bisa memicu timbulnya beragam penyakit yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Ternyata buncis memiliki nilai gizi yang cukup tinggi serta banyak manfaat dari buncis. Buncis mampu mengontrol glukosa dan mengatasi batu ginjal. Bagi yang menderita batu ginjal direkomendasikan untuk mengkonsumsi buncis. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya