Manfaat & Khasiat Kurma Muda

Share:

Manfaat & Khasiat Kurma Muda. Buah kurma, atau dalam nama latinnya dikenal sebagai Phoenix dactylifera, adalah buah khas yang berasal dari kawasan Timur Tengah. Kurma konon berasal dari Teluk Turki, lalu mulai berkembang ke kawasan Timur Tengah seperti Arab Saudi, Irak, hingga Afrika Utara. Kepopulerannya terus meluas hingga ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Jenis kurma yang telah dikeringkan (tumr) merupakan klasifikasi buah yang paling dikenal oleh masyarakat luas. Padahal, ada tiga klasifikasi kurma lainnya yang dapai dikonsumsi dan memiliki manfaat untuk tubuh. ketiga kurma tersebut adalah kurma ukuran penuh, kurma muda, dan kurma matang dengan tekstur lembut.

Di antara keempat klasifikasi kurma tadi, kita mungkin tidak familiar dengan kurma muda (ruhtob). Hal tersebut wajar, karena kurma ini tidak mudah didapatkan seperti kurma-kurma lainnya. Selain itu, bentuknya juga lebih kecil, tekstur kulit yang agak keras, dengan bagian dalam berwarna putih seperti kelapa. Dari segi rasa, kurma muda terasa sepat  tidak seperti kurma yang lainnya dengan rasa manis dan meninggalkan rasa segar bagi penikmatnya.

Kurma muda atau kurma ruthob ini merupakan jenis kurma yang masih mentah atau masih setengah mateng, Kurma ini kurma fresh tanpa melalui proses pengeringan seperti jenis kurma yang lain yang sering kita jumpai.

Kurma muda dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kurma merah, hijau, dan kuning. Seperti jenis kurma lain, kurma juga kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Di antaranya ialah zat besi, kalsium, klorida, vitamin A, vitamin C, vitamin C, dan vitamin K. Buah ini pun memiliki hormon biostin dan neurohipofisa yang bekerja seperti oksitosin.

Bagi yang belum pernah mencicipi kurma muda ini berikut saya coba sedikit gambarkan tentang rasanya: Kurma ini biasanya berwarna kuning atau hijau dengan bentuk yang agak kecil atau ada juga yang berwarna merah dengan bentuk yang besar besar, rasanya agak pahit keset, dan kalau yang setengah matang, wah ini jadi favorit saya, enak sekali manis keset persis seperti rasa sawo, biasanya kalo yang setengah matang itu ujung depannya lembek dan berubah warna menjadi kecoklatan, dan untuk yang berwarna kuning yang ukuran kecil, anda tinggal makan semua bagian yaitu bagaian mateng dan bagian mentah, sehingga akan terjadi sensasi perpaduan dua rasa, keset dan manis lezat yang membuat anda ingin makan lagi dan lagi. Akan lebih enak bila disajikan bersamaan dengan secangkir teh.

Untuk mendapatkan kurma muda mungkin masih sedikit sulit, karena seperti saya uraikan diatas, jenis kurma muda ini merupakan kurma fresh yang mempunyai daya tahan hanya beberapa hari saja jika tidak ditaruh di dalam freezer, artinya buah ini akan menjadi matang dan lembek jika dalam beberapa hari saja berada di tempat terbuka atau tidak berada di dalam freezer.  Tidak seperti kurma ambar atau kurma ajwa yang mampu bertahan lama, kurma muda sulit didatangkan jika menggunakan pengiriman reguler atau via cargo yang memakan waktu 15 – 30 hari. Jadi bisa dibayangkan kurma mudanya tentu saja akan busuk dijalandan tidak sampai ditujuan dengan segar. Dan Sebagai solusinya mungkin bisa nitip ke para jemaah haji atau umroh ataupun orang yang pulang dari arab yang mana perjalanannya memakan waktu kurang lebih satu hari sehingga kondisi kurma mudanya tidak rusak dijalan.

Selain untuk kesehatan, kurma muda dipercaya memiliki manfaat bagi pasutri yang ingin segera memiliki momongan. Kurma muda warna merah dapat meningkatkan kesuburan dan merawat vitalitas pria. Sedangkan wanita dalam masa nifas dapat mengonsumsi kurma warna kuning dan hijau yang kaya akan kandungan kalsium dan zat besi.

manfaat lain yang dapat Anda rasakan dari kurma muda:

  1. Hormon botosin memiliki peran penting untuk menaikan gerak peristaltik di dalam pembuluh darah dan uterus (rahim) pada wanita, sehingga dapat meningkatkan kesuburannya.
  2. Beberapa ahli kesehatan Islam menyarankan untuk mengonsumsi kurma muda dan kering secara bersama-sama. Kurma muda bersifat kering dan dingin, sedangkan kurma kering bersifat lembap dan panas. Dua kurma dengan sifat berbeda tersebut dipercaya dapat menetralkan obat-obatan dan makanan yang masuk ke dalam tubuh.
  3. Memakan kurma muda dapat membantu istri saat berhubungan badan dengan suaminya. Karena, kandungan dalam kurma dapat menimbulkan rangsangan pada otot polos dalam rahim agar berkontraksi. Hal ini juga akan berlaku saat istri sedang melahirkan.
  4. Kurma muda juga dapat menjadi alternatif bagi ibu-ibu menyusui yang kesulitan mendapatkan daun katuk. Kandungan oksitosin dalam buah ini bisa memperbanyak produksi asi untuk sang buah hati
  5. Manfaat kurma muda untuk kesehatan di antaranya adalah mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan mata dan merawat kulit Anda agar tetap sehat (vitamin A), menurunkan peluang kanker mulut, menaikan kinerja jantung, mencegah stroke, hingga meningkatkan daya ingat Anda.

Tahapan Mengolah Kurma Muda untuk Pasutri

Kurma muda aman dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi minuman. Jika Anda dan pasangan ingin mengolahnya, keringkan buah tersebut hingga dapat dihancurkan menjadi serbuk kurma. Kemudian, campur dengan madu sebanyak satu sendok teh dan seduh dengan air hangat. Minum air kurma dan madu tersebut sekitar setengah jam sebelum berhubungan badan. Konsumsi secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Kesimpulan:

Kurma muda memiliki segudang manfaat, Kurma muda dipercaya sebagai penyubur kandungan, hal ini di karenakan kandungan gizi yang terdapat dalam buah kurma muda sangat baik untuk ibu atau calon ibu yang menginginkan keturunan. Dan Kurma muda memiliki rasa yang wah, tidak diragukan lagi dengan sensasi rasanya yang enak pake banget jadinya enak banget

Semoga ulasan mengenai manfaat buah kurma muda diatas memberikan banyak manfaat terutama bagi pasutri yang belum dikaruniai keturunan. Semoga dengan konsumsi kurma mentah bisa segera mendapatkan apa yang diimpikan dalam sebuah keluarga. [YuQe – WartaSolo.com]


Share:

Berita Lainnya